Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 6 Manfaat Garam untuk Membersihkan Rumah

Kompas.com - 04/04/2022, 14:23 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comGaram adalah salah satu bahan dapur yang bisa dijadikan sebagai produk pembersih rumah tangga.

Garam bersifat abrasif, menyerap, dan dapat dikombinasikan dengan zat asam lainnya seperti lemon dan cuka, yang juga biasa digunakan untuk membersihkan rumah dan berbagai benda. 

Baca juga: Tips Mencegah Kloset Mampet, Bisa Gunakan Garam

Biasanya, garam digunakan untuk membersihkan saluran pembuangan wastafel supaya tidak mengeluarkan bau serta mencegah penumpukan lemak.

Tak hanya itu, disadur dari Taste of Home, Senin (4/4/2022), garam memiliki kegunaan lain untuk membersihkan berbagai permukaan dan benda di rumah seperti berikut ini. 

Baca juga: Selain Menyuburkan, Ini 7 Manfaat Garam Epsom untuk Tanaman

Membersihkan kulkas dan wajan berminyak

Ilustrasi kulkas, lemari es. SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIO Ilustrasi kulkas, lemari es.

Garam yang dikombinasikan dengan air soda dapat membersihkan kulkas.

Selain itu, garam juga bisa membersihkan wajan besi cor yang berminyak dengan menaburkan sedikit garam dan gosok menggunakan tisu dapur.

Menghilangkan noda makanan di oven

Ada beberapa makanan yang akan menggelembung atau tumpah saat dimasak menggunakan oven, salah satunya casserole. Walhasil, membuat permukaan oven menjadi kotor. 

Untuk membersihkannya, cukup menaburkan segenggam garam pada area yang terkena noda. Nantinya, garam akan membentuk kerak dan membuat proses pembersihan menjadi lebih mudah saat sudah dingin.

Baca juga: Ingin Tanaman Tumbuh Subur? Gunakan Garam Laut Sebagai Pupuk

Mencerahkan dan menghilangkan noda pada pakaian

Jika ingin mencerahkan pakaian, celupkan kain lap ke dalam larutan air garam yang kuat. Lalu, peras dan gosok dengan cepat pada pakaian yang pudar agar warnanya cerah kembali.

Untuk menghilangkan noda darah, rendam pakaian di dalam air garam yang dingin. Setelah beberapa saat, cuci dengan air sabun yang hangat sebelum merebus pakaian. 

Nah, jika pakaian memiliki noda keringat, gunakan empat sendok makan garam yang ditambahkan ke dalam satu liter air panas.

Selanjutnya, gosok larutan ini pada area yang bernoda menggunakan spons. Lakukan hingga noda hilang, lalu cuci pakaian seperti biasa.

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Gosong Pakai Garam, Cuka, dan Saus Tomat

Ilustrasi pakaian - Pakaian dengan noda kuning pada bagian ketiak.SHUTTERSTOCK / Victoria 1 Ilustrasi pakaian - Pakaian dengan noda kuning pada bagian ketiak.

Menghilangkan jamur pada pakaian

Untuk pakaian berjamur, basahi area dengan campuran garam dan air perasan lemon, lalu letakkan di tempat yang cerah, bilas, dan keringkan.

Menghilangkan noda karat

Jika ada permukaan yang berkarat, campurkan air, garam, dan krim tartar hingga teksturnya terasa seperti pasta.

Oleskan pasta pada area yang berkarat, diamkan, lalu gosok dengan kain kering.

Baca juga: Cara Membasmi Rayap dengan Garam 

Pemoles permukaan tembaga dan kuningan

Permukaan tembaga dan kuningan dapat dipoles dengan campuran tepung, cuka, dan garam dengan perbandingan yang sama. Kemudian, aduk campuran hingga teskturnya membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pasta pada permukaan tembaga dan kuningan, diamkan selama satu jam, dan bersihkan dengan kain lembut.

Namun, sebelum menggunakan metode ini, uji terlebih dulu pada area tersembunyi untuk melihat apakah campuran cocok sebagai pemoles tembaga dan kuningan yang kamu miliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com