Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membuat Tanaman Cabai Berbuah Lebat Pakai Garam Dapur

Kompas.com - 16/02/2022, 18:21 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi tanaman yang sering ditanam di rumah, tanaman cabai memberikan berbagai manfaat, salah satunya hasil buahnya yang bisa dipanen dan dimanfaatkan untuk memasak.

Namun, bukan hal yang mudah merawat tanaman cabai hingga bisa berbuah lebat, sebab faktor cuaca, air, dan hama serta penyakit menjadi hal yang memengaruhi pertumbuhan tanaman ini.

Untuk itu, pemupukan harus dilakukan agar mendapatkan buah cabai yang besar dan lebat. Dikutip dari kanal YouTube Rumah Petani TV, Rabu (16/2/2022), pemupukan tanaman cabai ini dapat dilakukan dengan menggunakan garam dapur. Garam dapur diklaim dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah cabai yang lebat.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Daun Keriting pada Tanaman Cabai

ilustrasi garam. ketahui cara menggarami masakan yang tepat. FREEPIK/Racool_studio ilustrasi garam. ketahui cara menggarami masakan yang tepat.

Bagaimana cara mengaplikasikannya? Simak ulasannya berikut ini. 

Campurkan garam dan air

Sebelum memulai pemupukan tanaman cabai dengan garam dapur, tanaman cabai yang paling cocok dilakukan pemupukan adalah tanaman cabai yang berusia sekitar dua hingga tiga minggu atau yang sudah terlihat bunganya.

Sebab, usia itu pas untuk dilakukan pemupukan pertama. 

Untuk membuat pupuk dari garam dapur, Anda hanya perlu menyiapkan satu liter air dan satu sendok garam dapur. Campurkan garam ke dalam satu liter air dan aduk hingga benar-benar tercampur.

 

Baca juga: Cara Mengatasi Penyakit Daun Kuning dan Keriting pada Tanaman Cabai

Setelah tercampur, tuangkan pupuk garam cair ini ke bagian tanah tanaman cabai secukupnya. Lakukan pemupukan ini selama 14 hari secara rutin agar mendapatkan hasil terbaik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com