Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2022, 15:57 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aroma masakan, bau dapur, dan segala macam polutan bisa meresap dan tinggal di dapur setiap kali setelah memasak.

Untuk itu, mempunyai pembersih udara atau air purifier di dapur merupakan hal penting. Air purifier di dapur bermanfaat menghilangkan bau tidak sedap dan meningkatkan kualitas udara di rumah secara keseluruhan. 

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Air Purifier di Kamar Tidur

Sayangnya, tidak semua air purifier mampu menghilangkan bau dan membersihkan udara di dapur. 

Mencari air purifier yang tepat untuk dapur dan sesuai dengan kebutuhan bukan hal mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli air purifier untuk dapur. 

Dilansir dari My Decorative, Rabu (30/3/2022), berikut enam hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih air purifier untuk dapur. 

Baca juga: 6 Alasan Perlu Membeli Air Purifier Berkualitas Tinggi 

Jenis atau tingkat filter dalam air purifier 

Ilustrasi air purifier.SHUTTERSTOCK/PARINYA SMITHIJAROENPON Ilustrasi air purifier.
Ada tiga jenis filter yang tersedia dalam sistem air purifier, yakni pra-filter (Karbon/Kertas/Nylon/Mesh), filter HEPA (H13 atau H14), serta filter karbon/filter karbon aktif.

Cara terbaik menjaga dapur tetap bersih dan segar adalah menggunakan filter berbasis karbon yang memerangkap bau.

Jika Anda menginginkan perlindungan lebih, dapatkan filter HEPA (udara partikulat efisiensi tinggi). Ini akan menghentikan semua partikel untuk kembali ke atmosfer juga.

Selain itu, disarankan mencari kombinasi fitur berikut saat membayar pembersih udara untuk bau dapur seperti filter karbon aktif, sinar UV, juga lipit HEPA. 

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Air Purifier agar Bekerja Maksimal dan Tahan Lama

 

Ukuran dapur

Ukuran dapur merupakan faktor penting saat memilih air purifier mana yang paling cocok untuk Anda.

Misalnya, dapur yang lebih besar membutuhkan lebih banyak udara yang disaring sehingga perlu membeli produk terbaik dengan jenis filter terbaik yang ramah anggaran secara bersamaan.

Ukuran air purifier 

Ilustrasi air purifier di kamar tidur. Shutterstock/220 Selfmade studio Ilustrasi air purifier di kamar tidur.
Saat mencari air purifier untuk dapur, penting bahwa unit memiliki tapak kecil dan dirancang untuk kenyamanan penggunaan.

Ukuran yang tepat dapat membuat perbedaan seperti bisa memasak dengan bebas sambil tetap memiliki akses ke area penyimpanan makanan di belakang lemari atau di bawah wastafel

Baca juga: 6 Masalah Umum yang Ditemui Pada Air Purifier dan Cara Mengatasinya

Portabilitas

Filter yang tepat akan membantu dapur terlihat dan berfungsi dengan indah. Dengan kabel yang panjang, Anda dapat dengan mudah memindahkan air purifier di sekitar area tertentu di dapur tanpa khawatir kabel akantersangkut dengan soket ekstensi.

Mudah dirawat 

Dapur biasanya berminyak dan memiliki air purifier dengan sistem aliran udara yang bisa jadi rumit.

Air purifer yang tidak dibersihkan secara hati-hati dan teratur bisa membuatnya mudah rusak dan tidak bertahan lama. Jadi, sebaiknya memilih air purifier yang mudah dirawat. 

Baca juga: Selain Memurnikan Udara, Ini 5 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah

 

Dukungan fitur cerdas

Air purifier cerdas adalah masa depan hidup bersih. Air purifier cerdas dapat dikendalikan dari jarak jauh dan dilengkapi segala macam fitur seperti CADR (lihat tingkat tindakan), kunci  untuk menjaga keamanan anak-anak dan pembersih, penyesuaian tingkat kebisingan untuk mengoptimalkan suasana ruangan sambil mengatur statistik vital seperti kecepatan kipas atau fungsi timer sehingga beroperasi pada efisiensi optimal setiap hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com