Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Wajan Besi

Kompas.com - 30/03/2022, 07:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain stainless steel, wajan besi menjadi perlengkapan memasak favorit banyak orang. Wajan besi memiliki daya tahan cukup kuat sehingga menjadikannya sering digunakan banyak orang.

Seperti perlengkapan masak pada umumnya, wajan besi harus dirawat sebaik mungkin agar memiliki daya tahan, kualitasnya lebih bagus, serta tahan lama.

Dilansir dari The Kitchn, Rabu (30/3/2022), berikut hal yang tidak boleh dilakukan ketika menggunakan wajan besi. 

Baca juga: Kapan Panci dan Wajan Harus Diganti? Ini Cara Mengetahuinya 

Menggunakan hanya beberapa kali

Ilustrasi wajan cast ironSHUTTERSTOCK Ilustrasi wajan cast iron
Peralatan masak dari besi meningkat seiring penggunaan. Membumbui wajan setiap kali digunakan menciptakan lapisan tipis minyak terpolimerisasi yang melindungi wajan dan menjadi permukaan antilengket.

Jika hanya menggunakan wajan beberapa kali dalam setahun, lapisan “antilengket” ini akan menjadi sangat tipis dan rentan lengket atau rusak.

Menggoreng, membakar, dan menumis secara teratur dengan besi dapat membuat wajan bertahan dalam jangka panjang. 

Baca juga: Trik Membuat Wajan Antilengket Lebih Tahan Lama 

Membiarkan terendam dalam wastafel

Banyak mitos tentang penggunaan wajan besi, salah satunya harus menghindari memasak sesuatu yang lengket seperti saus tomat.

Namun, sebenarnya membiarkan wajan besi cor berendam di wastafel lebih buruk daripada memasak atau membuat saus tomat.

Baca juga: 9 Trik Menyimpan Panci dan Wajan agar Dapur Tampak Tertata 

Besi cor berpori, yang berarti bahwa paparan air yang lama dapat menyebabkannya menyerap kelembapan dan akhirnya berkarat.

Untuk membersihkannya, Anda dapat mendidihkan air di atas wajan besi untuk mengikis bekas makanan. Buang air hangat dan kotoran, lalu bersihkan, keringkan, minyak, dan simpan wajan seperti biasa.

Menggosoknya dengan sabut gosok

Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi pengikis wajan, ilustrasi pan scraper.SHUTTERSTOCK / Bruce Peter Ilustrasi wajan besi cor, ilustrasi pengikis wajan, ilustrasi pan scraper.
Scrubber hijau dan logam adalah hal yang harus dihindari saat membersihkan wajan besi.  Alih-alih menggunakan sabut logam, gunakan sedikit garam dan minyak untuk menghilangkan residu makanan pada permukaan wajan.  

Baca juga: Amankah Memasak dengan Wajan Besi Cor di Kompor Kaca?

Meletakannya dalam oven 

Oven merupakan tempat cukup ideal untuk menyimpan wajan berat tersebut jika menggunakannya secara teratur karena relatif kering dan dekat dengan kompor.

Setiap kali, secara tidak sengaja memanaskan wajan besi ke dalam oven, Anda perlahan-lahan mengeluarkan bahan kimia di dalamnya.

Lebih baik menyimpan wajan besi dalam lemari. Jangan lupa menyelipkan handuk kertas di antara wajan untuk melindungi pengawet dari gesekan dan kelembapan atmosfer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com