Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menghilangkan Bau Keringat pada Pakaian Olahraga

Kompas.com - 25/03/2022, 16:31 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah baju olahragamu setelah beberapa menit dipakai sudah menimbulkan bau tak sedap? Hal ini terjadi karena kamu tak mencucinya dengan benar sehingga bakteri yang masih menempel bereaksi ketika kamu berkeringat lalu menciptakan bau.

Selain itu, perawatan setelah memakai baju olahraga yang salah juga bisa menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat.

Sebab, kain baju olahraga memiliki celah ekstra yang selain berguna untuk menyerap keringat juga lebih banyak merangkap kotoran.

Apabila kamu tak mau baju olahraga menjadi bau dengan cepat, berikut tujuh cara untuk menghilangkan bau pada baju olahraga yang dilansir dari Women's Health, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Cara Membersihkan Lumpur pada Saluran Pembuangan Wastafel Kamar Mandi

Membekukan baju olahraga yang belum dicuci

Apa kamu langsung mencuci baju olahraga setelah selesai memakainya? Bila tidak, sebaiknya kamu membekukan baju olahraga untuk memghindari bakteri atau jamur berkembang biak.

Caranya mudah. Cukup masukkan baju olahraga ke dalam kantong plastik. Lalu letakkan ke dalam freezer sampai kamu siap untuk mencucinya. Cara ini akan membuat bakteri tak bisa tumbuh di baju olahragamu.

Namun, jangan sekali-kali menumpuk baju di bagian paling bawah bak cucian hanya untuk membuatmu tak mencium baunya. Sebab, hal itu malah membuat baju menjadi sarang bakteri.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan yang Berjamur

Mencuci dengan sabun secukupnya

Mungkin kamu berpikir busa yang banyak saat mencuci bisa membuat pakaian olahragamu bersih dan tak akan berbau lagi. Sayangnya busa yang terlalu banyak malah bisa menyebabkan baju berjamur dan bakteri berkembang biak karena memakan busa.

Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bagian dalam baju. Hal ini karena bagian dalam baju merupakan area yang bersentuhan langsung dengan kulit yang mengeluarkan keringat. Sehingga kamu juga perlu menghilangkan bau pada bagian dalam baju.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda di Kasur dengan Mudah

Hindari menggunakan pelembut pakaian

Ilustrasi pelembut pakaian. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi pelembut pakaian.

Pelembut pakaian mungkin menjadi cara yang menurutmu ampuh untuk menghilangkan bau di baju olahraga. Hanya saja hal ini juga pemikiran yang salah.

Pasalnya pelembut dapat mengurangi kinerja serat kain di baju olahraga. Menyumbat serat kain dan membuat air dan deterjen tidak bisa masuk ke dalam serat. Juga menyebabkan baju olahraga tak bisa menyerap keringat.

Baca juga: Cara Membersihkan Botol Susu Bayi agar Bebas Bakteri

Membilas pakaian dengan baking soda

Dibanding membilas dengan pelembut pakaian, kamu bisa menggunakan baking soda. Sebab, bahan yang satu ini bisa menetralisir bau tak sedap pada baju olahraga.

Caranya juga mudah. Kamu hanya perlu menuangkan secangkir baking soda ke dalam air. Lalu membilas baju sampai bersih dan tak tersisa sabunnya.

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Berbagai Benda di Rumah dengan Cuka

Rendam pakaian dengan cuka

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari baju olahraga yakni merendam memakai cuka. Kamu hanya perlu menuangkan cuka putih ke dalam air lalu rendam baju selama 30 menit.

Menggunakan jus lemon

Jus lemon juga berguna untuk menghilangkan bau di baju olahraga. Hal ini karena kandungan asam sitrat dalam jus lemon bisa memecah minyak dari keringat yang ada di baju. Selain itu, aroma lemon bisa menjadi penyegar alami.

Baca juga: Agar Awet, Ini Cara Membersihkan Layar TV Sesuai Jenisnya

Tidak menggunakan pengering pakaian

Mengeringkan pakaian olahraga dengan mesin bisa membuat serat kainnya rusak. Selain itu, mesin pengering juga tak bisa mengeringkan secara menyeluruh. Hingga akhirnya baju yang lembab akan menumpuk sampai kacamu mengangkatnya.

Mengeringkan pakaian dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari adalah hal yang tepat. Hal ini bisa menjaga kesegaran baju karena cahaya matahari dan angin yang bertiup membuat baju kering lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com