Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AQUA Japan Luncurkan Mesin Cuci Bukaan Atas yang Aman untuk Pakaian

Kompas.com - 24/03/2022, 15:19 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu tantangan yang dihadapi ketika mencuci pakaian adalah menjaga kainnya tetap bagus. 

Sebab, beberapa pakaian terkadang mengalami kerusakan saat pencucian seperti robek atau menyusut. Ini bisa disebabkan mesin cuci yang digunakan memiliki teknik pencucian yang kasar seperti fitur yang memutar pakaian dengan sangat cepat.

Baca juga: 5 Trik Memilih Mesin Cuci untuk Penghuni Apartemen Mungil

AQUA Japan, perusahaan yang memproduksi beragam barang elektronik, menghadirkan solusi pencucian pakaian yang tidak merusak kain dengan meluncurkan mesin cuci bukaan atas terbaru.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2022), ada dua model mesin cuci yang diluncurkan, yakni AQW-950R dengan kapasitas sembilan kilogram (kg) dan AQW-1050R dengan kapasitas 10,5 kg.

Baca juga: 4 Cara Merawat Tabung Mesin Cuci Dua Tabung agar Bisa Awet

Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.SHUTTERSTOCK/ANTONIODIAZ Menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan kaos malah dapat membuatnya cepat rusak.

Dua model mesin cuci bukaan atas ini dilengkapi beragam fitur canggih, salah satunya pillow drum yang berfungsi merawat kain dan menghindari keausan pada pakaian.

“Fitur ini memberikan perawatan untuk pakaian yang paling lembut sehingga mampu merawat pakaian tetap seperti baru,” jelas President Director AQUA Japan Indonesia, Kenji Sadayuki.

Pillow drum adalah teknologi berbentuk bantal yang dilengkapi lubang kecil berdiameter 2,2 milimeter (mm) yang mampu mengurangi abrasi pada pakaian.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Dispenser Pelembut Mesin Cuci

Dua model mesin cuci ini sama-sama memiliki fitur low water pressure yang membuat proses pencucian tidak berhenti karena tekanan air rendah.

AQUA Japan Indonesia turut menghadirkan teknologi near zero pressure. Teknologi ini bekerja hingga tekanan air 0,01 megapascal (MPa) dan menjadi solusi ideal bagi penghuni apartemen bertingkat tinggi.

Head of Product Planning Department AQUA Japan Indonesia, Meiriano Ullman, menambahkan bahwa AQW-950R dan AQW-1050R sama-sama memiliki tempered glass lid.

“Tampilan menggunakan tempered glass lid menjadikan penampilannya lebih elegan dan daya tahan keamanan yang sangat baik,” tutur Meiriano.

Ilustrasi mesin cuci bukaan atas, mesin cuci 1 tabung. (DOK. iSTOCKPHOTO) Ilustrasi mesin cuci bukaan atas, mesin cuci 1 tabung.

Baca juga: 6 Jenis Pakaian yang Sebaiknya Tidak Dicuci dengan Mesin Cuci

Meiriano melanjutkan, kedua mesin cuci memiliki fitur soft closing door yang membuatnya dapat menutup secara perlahan supaya usia penggunaannya lebih tahan lama.

Selain itu, ada pula fitur power off memory. Fitur ini bisa membuat mesin cuci yang berhenti karena listrik mati akan tetap menyala secara otomatis dan menyesuaikannya. 

Baca juga: 4 Masalah yang Sering Terjadi pada Mesin Cuci dan Cara Mengatasinya

Selanjutnya, ada steam wash yang berfungsi memanaskan air ke suhu panas tertentu. Air akan menghasilkan uap disinfektan yang dapat menghilangkan bakteri dan alergen.

Fitur tersebut menjadi solusi pencucian yang ideal untuk kondisi tegangan tertentu serta menjaga kesehatan di tengah kondisi pandemi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com