Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2022, 07:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur yang Anda gunakan untuk setiap hari menampung kotoran dan noda. Oleh sebab itu, para ahli merekomendasikan untuk membersihkan kasur sekali atau dua kali setahun.

"Pembersihan kasur yang menyeluruh dapat membantu mengatasi alergi yang Anda alami sebelum tidur dan secara umum meningkatkan kesehatan dan kualitas tidur Anda secara keseluruhan," kata Jonathan Warren, direktur di Time4Sleep seperti dikutip dari Express, Senin (21/3/2022).

Pertama, Anda harus mulai dengan mengambil vacuum cleaner, baking soda atau soda kue, semprotan pembersih kasur atau karpet, dan kain lembap.

Baca juga: Kenali 9 Jenis dan Spesifikasi Kasur agar Tak Salah Pilih

Ilustrasi kasur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi kasur.

"Membersihkan kasur Anda semudah mengumpulkan empat barang rumah tangga biasa ini," jelas Warren.

Dia menjelaskan, baking soda dan semprotan pembersih kasur tidak akan menodai kasur dan menetralkan bau yang membandel. Langkah selanjutnya adalah menanggalkan tempat tidur yang kotor dan mencuci semuanya dengan air hangat.

"Bunuh bakteri jahat dengan mencuci seprai pada suhu tinggi. Untuk campuran poliester, cuci menggunakan air hangat. Kapas dapat dicuci pada suhu yang jauh lebih hangat tanpa merusak," terang Warren.

Setelah dibersihkan, saatnya untuk mengatasi noda membandel di kasur. Ada beberapa cara untuk melakukannya tetapi yang paling efektif adalah dengan menggabungkan baking soda dan semprotan pembersih.

Baca juga: Apa Itu Kasur Organik dan Manfaatnya untuk Kesehatan?

"Untuk noda, yang terbaik adalah berinvestasi dalam semprotan pembersih kasur atau pembersih karpet dan semprotkan ringan ke area yang terkena," tutur Warren.

"Oleskan noda dari luar ke dalam (agar noda tidak sengaja membesar) dan biarkan semprotan bekerja dengan baik sebelum menyekanya dengan kain basah," saran dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com