Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tanaman yang Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari

Kompas.com - 23/03/2022, 11:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesulitan tidur bisa dirasakan oleh banyak orang di setiap malam harinya. Meskipun ada banyak cara untuk mengatasi kurang tidur, beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan obat-obatan.

Untungnya, berbagai tanaman hias umum mengandung khasiat yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dilansir dari Treehugger, Rabu (23/3/2022), berikut beberapa tanaman yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. 

Baca juga: Apa Penyebab Daun Tanaman Hias Indoor Berubah Warna Jadi Hitam?

Ilustrasi lavenderUnsplash/Larisa Birta Ilustrasi lavender

1. Lavender

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa seseorang yang menggunakan minyak esensial lavender sebelum tidur mengalami peningkatan kualitas tidur dibandingkan dengan kelompok yang tidak menggunakan. 

Jika Anda memilih untuk meletakkan tanaman lavender di kamar tidur, pastikan untuk memangkasnya untuk membentuk daun baru muncul.

Aroma manis Lavender adalah alasan bagus lainnya untuk mempertimbangkan menyimpan tanaman herbal ini di kamar tidur Anda.

2. Gardenia

Gardenia, juga disebut sebagai melati tanjung, adalah tanaman yang sangat aromatik dengan sifat yang dikenal untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Sebuah studi 2010 menunjukkan bahwa crocetin, senyawa dalam gardenia, membantu mengurangi jumlah seseorang tiba-tiba bangun di tengah tidur lelapnya. 

Saat menyiram gardenia, gunakan irigasi tetes untuk menghindari bercak daun. Jika Anda seorang pemilik tanaman baru, pertimbangkan untuk mencoba minyak esensial gardenia, karena tanaman ini membutuhkan perawatan yang tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com