Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patut Dicoba, Ini 6 Tips Membuat Rumah Lebih Sehat dan Nyaman

Kompas.com - 18/03/2022, 13:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak pandemi virus Covid-19, tinggal dan beraktivatas di rumah menjadi sebuah kebiasaan baru, dari bekerja, belajar, olaharga, beribadah, hingga menghabiskan seluruh waktu. 

Karena itu, kebersihan dan kesehatan rumah perlu ditingkatkan lagi. Secara alami, rumah perlu menjadi tempat yang sehat dan bahagia. 

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Menjamin Tidur Nyenyak dan Sehat

Sejumlah penelitian mengungkapkan, rumah yang sehat dapat meningkatkan energi, mengurangi stres, mempengaruhi suasana hati, serta meningkatkan produktivitas.

Dilansir dari Architectural Digest, Jumat (18/3/2022), berikut tips membuat rumah lebih sehat dan nyaman. 

Jaga ventilasi dalam ruangan

Ilustrasi ruang keluargaShutterstock/Antoha713 Ilustrasi ruang keluarga
Buka semua jendela setiap hari sehingga ada ventilasi silang yang cukup dan udara pengap di dalam rumah diganti dengan udara segar.

Pasang cerobong asap dengan daya hisap tinggi untuk mengekstrak bau dapur, asap, dan polutan lainnya yang dikeluarkan selama memasak. 

Baca juga: Ketahui Kriteria Kamar Tidur Anak yang Sehat 

Gunakan bahan alami

Untuk sofa gunakan bahan alami seperti katun linen atau wol yang bisa bernapas serta nyaman digunakan. Gunakan bahan organik untuk kasur dan bantal.

Bahan alami seperti kayu dapat digunakan untuk furnitur dan lantai karena memberikan banyak kehangatan ke dalam rumah. Pilihan alternatif yang lebih berkelanjutan untuk kayu adalah bambu.

Bawalah banyak tanaman untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Gabungkan jendela besar untuk mengaburkan batas antara dalam dan luar ruangan.

Gunakan pembersih dan penyegar alami daripada produk komersial yang mengandung bahan kimia berbahaya dan melepaskan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) ke udara.

Jika berencana menambahkan lapisan cat baru ke dinding, pilihlah cat dengan tingkat VOC yang rendah. 

Baca juga: Simak, Ini Trik Membuat Rumah Lebih Sehat 

Miliki interior yang cukup terang

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Interior harus diterangi dengan baik dengan skema pencahayaan yang terencana yang menggabungkan pencahayaan ambient, tugas, dan aksen.

Ciptakan ruang yang terang serta lapang dengan memperkenalkan nada netral di dalam rumah. Perkenalkan warna aksen pada dinding atau pelapis untuk memecah kemonotonan ruang bernuansa netral. 

Baca juga: 5 Ide Sederhana Menciptakan Rumah yang Lebih Sehat dan Membahagiakan 

Singkirkan kekacauan

Maksimalkan ruang dan ciptakan suasana santai dengan tata letak furnitur yang terencana dengan menyediakan ruang sirkulasi yang memadai.

Solusi penyimpanan cerdas dan furnitur multifungsi dengan penyimpanan internal dapat menciptakan ruang yang rapi dan bebas kekacauan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com