Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membersihkan Berbagai Benda di Rumah dengan Cuka

Kompas.com - 14/03/2022, 16:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal menjaga kebersihan rumah, kebanyakan orang berpikir bahwa menggunakan bahan kimia keras menjadi cara paling efektif memberihkan kotoran, jamur, kuman, dan bakteri.

Namun, banyak ahli setuju bahwa sebagian besar produk disinfektan yang dijual di pasaran sedikit berlebihan untuk sebagian besar rumah tangga. Untuk itu, bahan-bahan dapur seperti cuka bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah

Baca juga: Sisir Rambut Sudah Kotor? Bersihkan Pakai Cuka Putih

Selain dikenal sebagai pembersih alami, cuka terbukti efektif melawan kuman dan virus, mencegah dan membersihkan jamur, menghilangkan noda dan bau, serta lebih ramah lingkungan daripada produk berbahan kimia. 

Lantas, benda-benda apa saja yang bisa dibersihkan dengan cuka dan bagaimana membersihkannya? 

Dikutip dari Homes to Love, Senin (14/3/2022), berikut tujuh benda di rumah yang bisa dibersihkan dengan cuka dan cara membersihkannya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kerak Air pada Cermin dengan Cuka

Jendela dan cermin

Ilustrasi membersihkan jendelaShutterstock/VGstockstudio Ilustrasi membersihkan jendela
Cuka bisa digunakan untuk membersihkan jendela dan cermin. Caranya, isi botol semprot dengan setengah cuka putih dan setengah air, lalu semprotkan pada jendela dan cermin, dan seka menggunakan kain secara lembut sampai kotoran serta debu hilang. 

Metode ini bisa digunakan untuk berbagai permukaan kaca seperti gelas dan piring kaca. 

Wastafel berbau 

Wastafel yang berbau tentu membuat pusing dan rumah tampak terawat. Untuk mencegah bau ini menyebar ke seluruh rumah, gunakan cuka. Rendam secangkir cuka dalam mangkuk wastafel selama satu jam untuk menyegarkannya. 

Bila sudah bilas wastafel dengan air bersih. Untuk hasil lebih maksimal, masukkan secangkir cuka dan air perasan lemon ke dalam saluran pembuangan wastafel.  

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Lumut di Kebun, Bisa Pakai Cuka  

Pakaian 

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / mariakray Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.
Noda membandel pada pakaian terkadang sulit dihilangkan meski telah menggunakan detergen. Untuk menghilangkkan, coba menggosokkan cuka pada noda pakaian. 

Selain itu, tambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam siklus bilas untuk membuat warna pakaian lebih cerah, mengurangi serat, serta melembutkan kain. 

Baca juga: 4 Benda Ini Akan Rusak Jika Dibersihkan dengan Cuka Putih

Kamar mandi 

Cuka putih sangat bagus membersihkan shower dan permukaan kamar mandi lainnya. Tuang atau semprotkan cuka putih lke nat kamar mandi yang kotor, keran air yang berkerak, bak mandi atau wastafel. 

Kemudian, tuangkan atau rendam beberapa handuk kertas dalam cuka putih dan letakkan di area atau permukaan yang berkarat, biarkan selama setengah jam, lalu bersihkan. 

Baca juga: Gunakan Cuka untuk Bersihkan Keran dan Gelas Keruh, Begini Caranya

Microwave

Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi microwave; ilustrasi membersihkan microwave.
Masukkan setengah cuka dan air ke dalam mangkuk, lalu letakkan dalam microwave, dan panaskan sampai mendidih. Pastika mangkuk yang digunakan aman untuk microwave. 

Cuka bisa membantu menghilangkan noda atau sisa makanan yang gosok agar lebih mudah dibersihkan. 

Baca juga: Ragam Permukaan dan Benda yang Bisa Dibersihkan dengan Cuka Putih 

Lantai

Membersihkan lantai rumah tak selalu menggunakan produk pembersih lantai di pasaran. Anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan kotoran dan memberikan aroma segar pada lantai.

Selain lantai keramik, cuka juga aman untuk membersihkan lantai kayu. Caranya, pel lantai keramik atau lantai kayu dengan air panas dan percikan cuka putih.

 

Kasur 

Untuk menghilangkan bau pada kasur dan menyegarkannya, semprotkan sedikit campuran cuka putih dan minyak pohon teh, lalu biarkan mengering, dan vakum dengan cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com