Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Air Rebusan Pasta Bisa Menyuburkan Tanaman

Kompas.com - 16/03/2022, 07:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasta, seperti spageti atau fussili, adalah hidangan yang banyak dimasak di rumah karena cenderung mudah dan cepat. Ketika merebus pasta, air rebusannya seringkali langsung dibuang.

Akan tetapi, jangan langsung membuang air rebusan pasta tersebut. Sebab, air rebusan pasta dapat digunakan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanaman, khususnya tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor.

Dikutip dari Express, Rabu (16/3/2022), banyak orang mengabaikan pentingnya pemupukan tanaman dalam ruangan. Pemberian pupuk yang benar sangat penting untuk menumbuhkan tanaman yang sehat dan indah.

Baca juga: Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Caranya

Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman. PIXABAY/SGRUNDEN Ilustrasi merebus pasta, merebus spageti. Air rebusan pasta dapat digunakan sebagai sumber nutrisi tanaman.

Tidak seperti taman luar ruangan, di mana alam menyediakan hujan dan tanaman dapat menyebarkan akar baru untuk mencari makanan, nutrisi yang tersedia untuk tanaman hias sangat dibatasi oleh jumlah tanah di dalam pot.

Pupuk hadir dalam beberapa jenis yang berbeda, termasuk cairan, tongkat, tablet, butiran, dan bentuk lepas lambat atau slow release.

Pakar berkebun di East River Nursery menjelaskan bagaimana Anda dapat menggunakan trik murah dan efektif untuk menyuburkan tanaman hias sepanjang tahun.

“Kita semua pernah bersalah di beberapa titik dalam hidup kita karena mencoba beberapa taktik gila untuk mencoba membuat tanaman kita tumbuh. Baik itu pupuk buatan sendiri atau lampu matahari, setiap orang punya triknya masing-masing," jelas mereka.

Baca juga: Manfaat Air Rebusan Daging Sapi untuk Tanaman

Mereka mengungkapkan, Anda dapat menggunakan air rebusan dari pasta dan sayuran untuk memberi nutrisi ekstra pada tanaman Anda.

Untuk melakukannya, cukup rebus pasta atau kukus beberapa sayuran di dapur. Alih-alih menuangkan air ke saluran pembuangan, gunakan air rebusan tersebut untuk menjaga tanaman tetap hijau dan berkembang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com