Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Tanaman Dalam Ruangan dari Debu dan Hama

Kompas.com - 13/03/2022, 07:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias membutuhkan beberapa perawatan dasar untuk membantunya tetap sehat dan berkembang seperti menyiram tanaman secara teratur dan memberikan jumlah cahaya yang tepat. 

Namun, tanaman hias juga perlu dibersihkan, khususnya tanaman dalam ruangan. Pasalnya, sama dengan dekorasi lainnya, tanaman dalam ruangan juga bisa berdebu dan kotor. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor Warna-warni yang Mampu Mencerahkan Ruangan

Debu pada daun tanaman dapat menghalangi sinar matahari dan daun yang mati dapat membuat semua tanaman terlihat tidak terawat. 

Membersihkan tanaman hias yang berdebu tidak hanya membuatnya bersih, tetapi juga menghindarinya dari hama atau masalah lain yang dialami tanaman. Untuk itu, setiap kali membersihkan rumah, berikan juga perhatian ekstra pada tanaman hias. 

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Minggu (13/3/2022), berikut cara membersihkan tanaman dalam ruangan dari debu dan hama. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias 

Cara terbaik membersihkan tanaman dalam ruangan

Ilustrasi tanaman hias Peperomia argyreia atau peperomia watermelon. SHUTTERSTOCK/ATTOMY Ilustrasi tanaman hias Peperomia argyreia atau peperomia watermelon.
Berbeda dengan tanaman di luar ruangan yang bisa dibersihkan oleh hujan, Anda perlu membersihkan tanaman dalam ruangan.

Salah satu cara terbaik membersihkan banyak tanaman hias tropis adalah menyemprotkan air dengan lembut. Pindahkan tanaman hias yang lebih kecil seperti pothos atau pilea ke dalam bak cuci.

Kemudian, tempatkan tanaman yang lebih besar di kamar mandi dan bilas dengan air hangat untuk menyingkirkan hamas serta debu. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Buah Indoor untuk Mempercantik Ruangan

Jaga tekanan air tetap rendah dan jangan gunakan air panas atau dingin karena suhu ekstrem dapat merusak daun tanaman.

Selama bulan-bulan hangat, pindahkan tanaman hias ke luar ruangan ke tempat teduh dan menyemprotkannya dengan lembut menggunakan selang.

Untuk membersihkan tanaman hias kecil yang lebih halus seperti pakis, pilihan lain adalah merendam daun dalam seember air hangat.

Pertama, bersihkan tanaman dan tanahnya dengan jari-jari Anda, kemudian celupkan daun tanaman ke dalam air dan mengayunkannya sedikit. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Menanam di Dalam Pot dan Jenis Tanaman yang Cocok

Untuk tanaman hias yang lebih besar dengan daun besar dan halus seperti bunga lili perdamaian dan fiddle leaf figs, bersihkan dengan kain lembap yang lembut daripada membawanya ke kamar mandi.

Topang setiap daun dari bawah dengan satu tangan untuk menghindari kerusakan yang tidak disengaja saat mengusapkan kain di atasnya dengan tangan yang lain.

Sementara itu, untuk tanaman berdaun berbulu halus seperti violet Afrika atau tanaman panda, cara terbaik adalah menghindari daunnya basah. 

Baca juga: 10 Tanaman Dalam Ruangan yang Dapat Mengurangi Masalah Pernapasan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com