Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Praktis Mengatasi Tangan Panas Akibat Mengulek Cabai

Kompas.com - 10/03/2022, 15:33 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Cabai merupakan bahan masakan yang sulit untuk dipisahkan dalam masakan Indonesia. Cabai digunakan untuk memperkaya cita rasa masakan, memberikan warna dan juga sebagai sumber vitamin.

Saat mengolah atau memakan aneka hidangan berbahan cabai dengan tangan, seringkali kita merasakan rasa panas di area jari. Rasa panas ini dapat sangat mengganggu bahkan mengiritasi kulit.

Kamu tidak perlu khawatir, melansir dari The Kitchn, Kamis (10/3/2022), ada beberapa jenis bahan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Berikut ini merupakan 6 bahan alami yang ampuh redakan panas di tangan karena cabai.

Baca juga: Catat, Ini Pupuk Perangsang untuk Bunga dan Buah Tanaman Cabai

Minyak

Minyak dapat membantu melarutkan panas akibat minyak cabai. Bahkan jika kamu menggosokkan tangan mu dengan minyak sayur atau zaitun sebelum memotong cabai atau paprika, kamu dapat mencegah tangan terbakar akibat pedasnya cabai.

Untuk mengatasi tangan yang panas akibat cabai, gunakan beberapa tetes minyak sayur atau zaitun, lalu gosokkan kedua tangan dengan lembut. Bilas dengan air dan sabun hingga bersih.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Tangan Panas akibat Terkena Cabai

Sabun cuci piring

Daripada sabun cuci tangan, sabun cuci piring memiliki kemampuan yang lebih ampuh untuk melarutkan minyak.

Cuci tangan dengan sabun cuci piring sesaat setelah kamu mengolah atau memakan olahan cabai dengan tangan. Rasa panas akibat cabai akan jauh berkurang.

Baca juga: Dosis dan Cara Mengaplikasikan Pupuk ZA untuk Tanaman Cabai

Alkohol

Ilustrasi alkohol gosok.SHUTTERSTOCK / rachanee angsupasirikul Ilustrasi alkohol gosok.
v

Minyak cabai dan capsaicin lebih larut dalam alkohol daripada dalam air. Jadi beberapa tetes alkohol yang baik atau bahkan alkohol tahan tinggi seperti vodka dapat membantu menghilangkan rasa panas di tangan.

Susu murni atau yogurt

Susu ampuh untuk mengatasi rasa pedas setelah memakan makanan pedas. Jika panas di tangan akibat cabai sudah tidak tertahankan, rendam tangan mu dalam susu atau yogurt.

Biarkan tangan terendam selama beberapa menit hingga rasa terbakarnya berkurang. Kandungan pada susu dipercaya dapat memecah senyawa capsaicin yang menyebabkan kulit terasa terbakar.

Baca juga: Bunga Cabai Rontok? 6 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebabnya

Larutan pemutih

Dalam sebuah episode Good Eats, Alton Brown mengatakan jika capsaicin, senyawa pedas dalam cabai, akan menempel di jari selama berjam-jam mengubah tanganmu menjadi senjata kimia.

Sebaiknya gunakan sarung tangan lateks atau plastik sebelum mengolah cabai dengan tangan. Untuk menghilangkan efek panas pada tangan, kamu bisa mencampurkan larutan air dan pemutih dengan perbandingan 5:1.

Pemutih akan mengubah capsaicin menjadi garam yang larut dalam air yang kemudian akan dibilas.

Baca juga: Cara Mengendalikan Hama Thrips Penyebab Daun Cabai Keriting

Pasta soda kue

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan pembersih, soda kue juga bisa mengatasi masalah tangan terbakar akibat sengatan cabai.

Buatlah pasta kental dengan mencampurkan soda kue dan sedikit air lalu oleskan di tangan yang terbakar. Biarkan mengering sebelum pasta soda kue di bilas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com