Kompas.com - 10/05/2021, 11:50 WIB
Ilustrasi cabai merah potong. SHUTTERSTOCK AFRICA STUDIOIlustrasi cabai merah potong.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktivitas memasak di dapur seperti memotong cabai dan mengulek sambal tak jarang meninggalkan sensasi panas layaknya terbakar di tangan. Rasa panas akibat cabai itu tentu membuat tak nyaman, apalagi bila berlangsung lama. 

Rupanya, sensasi tangan panas terkena cabai itu disebabkan oleh kandungan capsaicin dalam cabai. Senyawa mirip minyak alkali ini terkandung di dalam selaput putih bernas yang mengelilingi biji cabai. Minyaknya mudah menyebar ke permukaan apa pun yang terkena serta membuat panas.

Baca juga: Cara Menanam Cabai dari Biji, Bisa di Tanah Maupun di Pot

Meski dapat hilang dengan sendirinya, tangan pedas yang terkena cabai tentu akan sangat mengganggu. 

Untuk menghilangkannya, berikut ini enam cara mengatasi tangan pedas akibat cabai menggunakan bahan-bahan di rumah dilansir dari laman Gardeningknowhow, Senin (10/5/2021). 

Alkohol

Alkohol gosok atau isopropil adalah pelarut yang memecah minyak. Oleskan alkohol gosok dalam jumlah banyak ke kulit, lalu bersihkan area tersebut dengan sabun dan air. 

Baca juga: Bunga Tanaman Cabai Rontok? Ini 3 Penyebab Utamanya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak disarankan merendam tangan ke dalam alkohol isopropil karena dapat diserap tubuh. Dalam keadaan darurat, minuman beralkohol juga bisa digunakan. 

Sabun Pembersih Piring

Sabun cuci piring diformulasi untuk menghilangkan minyak dan lemak dari piring. Ini bekerja lebih baik dalam melarutkan capsaicin daripada sabun tangan biasa. 

Baca juga: Pakai Garam Ini agar Tanaman Cabai Sehat dan Rajin Berbuah

Segera cuci tangan menggunakan sabun pembersih piring sehabis memotong cabai atau ketika mulai timbul rasa panas. Bisa pula memakai pembersih tangan penghilang lemak yang dibuat untuk mekanik. 

Pati Jagung atau Baking Soda

Bahan pokok di rak dapur ini berkhasiat menetralkan minyak capsaicin. Untuk memanfaatkannya, buat pasta berisi campuran pati jagung, baking soda, dan beri sedikit air. 

Baca juga: Kenapa Ujung Buah Cabai Membusuk? Penyebab dan Cara Mencegahnya

Kemudian, oleskan pasta tersebut ke tangan panas terkena cabai serta biarkan mengering. Setelah kering, bilas tangan dengan sabun dan air. 

Cuka

Kandungan asam asetat dalam cuka menetralkan alkalinitas capsaicin. Tuang cuka ke tangan atau kulit yang terkontaminasi cabai. Bisa pula merendam tangan yang panas dalam campuran cuka dan air selama 15 menit. 

Baca juga: 3 Resep Membuat Pestisida di Rumah, Pakai Cabai hingga Bawang Putih

Minyak Sayur

Minyak sayur atau minyak goreng dapat mengencerkan capsaicin sehingga mengurangi sensai panas atau terbakar. Gosokkan minyak pada tangan yang terkena cabai, lalu bersihkan dengan sabun cuci piring atau sabun tangan.

Produk Susu

Ada alasan mengapa banyak hidangan pedas disajikan dengan krim asam atau yogurt. Produk susu mengandung kasein, protein pengikat lemak yang melarutkan minyak capsaicin. 

Baca juga: Tanaman Cabai Tidak Berbuah? Ini Penyebabnya

Gunakan produk susu berlemak untuk meredakan sensasi terbakar akibat cabai ke kulit yang terkena seperti tangan dan mulut. Rendam tangan dengan susu murni, yogurt, atau krim asam. Bersabarlah karena cara ini membutuhkan waktu hingga satu jam untuk bekerja.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X