Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/02/2022, 08:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda menyukai cabai dalam masakan yang Anda masak, mengapa tidak mulai menanam cabai sendiri di halaman rumah? Anda dapat menanam cabai di polybag atau pot tanaman.

Dengan menanam cabai di halaman rumah, tentu Anda dapat memanen dan mengonsumsi hasil panennya untuk kebutuhan sendiri. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan lahan di halaman rumah sebagai kebun sayuran yang cantik.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian, Kamis (3/2/2022), berikut cara budidaya cabai dalam polybag yang dapat dilakukan sendiri di halaman rumah Anda.

Baca juga: 5 Jenis Cabai yang Mudah Tumbuh dan Berbuah di Polybag

Ilustrasi tanaman cabai rawit. SHUTTERSTOCK/PRISPIM Ilustrasi tanaman cabai rawit.

1. Memilih benih

Saat ini terdapat varietas cabai lokal hasil seleksi, produktivitasnya pun lebih baik daripada varietas lokal tanpa seleksi. Benih cabai dijual dalam kemasan yang dapat dibeli toko pertanian atau toko tanaman.

Dari aspek teknis, cara menanam cabai lokal lebih sederhana dibanding menanam cabai hibrida.

2. Penyemaian benih

Pertama, benih cabai harus disemaikan terlebih dahulu. Proses penyemaian digunakan untuk menyeleksi pertumbuhan benih, memisahkan benih yang tumbuhnya kerdil, cacat atau berpenyakit.

Selain itu juga untuk menunggu kesiapan bibit sampai cukup tahan ditanam di tempat yang lebih besar.

Baca juga: Simak, Cara Menangani Penyakit Patek pada Tanaman Cabai

Tempat persemaian bisa berupa polybag ukuran kecil (8 x 9 cm), daun pisang, baki (tray) persemaian, atau petakan tanah. Cara yang paling ekonomis adalah dengan menyiapkan petakan tanah untuk media persemaian.

Campurkan kompos dengan tanah lalu aduk hingga rata. Buat ketebalan petakan tersebut 5-10 cm di atasnya, lalu buat larikan dengan jarak 10 cm.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com