Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Mesin Pencuci Piring agar Lebih Tahan Lama

Kompas.com - 05/03/2022, 16:58 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, kini banyak produsen alat elektronik meluncurkan produk rumah tangga berteknologi canggih, salah satunya mesin pencuci piring atau dishwasher

Sama halnya dengan peralatan elektronik rumah tangga lainnya, dishwasher juga harus dirawat agar lebih tahan lama.

Hal ini juga disampaikan oleh Martino Arlandi, Sales Manager, Bosch Home Appliances, pada peluncuran dishwasher Bosch, beberapa waktu lalu. Martino menjelaskan, filter dishwasher harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan. 

Baca juga: 3 Mitos Penggunaan Mesin Pencuci Piring yang Masih Terus Dipercaya

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher table top dari Bosch Dok/Bosch Indonesia Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher table top dari Bosch

"Pembersihan filter ini harus dilakukan secara berkala, dengan aturan umum selama enam bulan sekali, atau tergantung dari pemakaiannya. Mesin pencuci piring yang digunakan tiga kali sehari akan lebih sering dibersihkan daripada yang digunakan sehari sekali," ungkap Martino.

Ia juga menjelaskan, pemakaian dishwasher yang sesuai dengan petunjuk penggunaan juga bisa membuat alat ini lebih awet.

Misalnya, hindari menggunakan sabun pencuci piring biasa dan gunakan sabun khusus dishwasher dan benda yang dimasukkan ke dalam alat ini. 

"Selain itu, yang harus diperhatikan adalah ada beberapa perlengkapan plastik yang tidak bisa dimasukkan ke dalam dishwasher, sebab di dalam dishwasher menggunakan air panas, dan takut bentuk perlengkapan plastik tersebut berubah karena tidak bisa menahan suhu yang panas," tambahnya.

Baca juga: Bosch Luncurkan 3 Produk Mesin Pencuci Piring yang Sesuai Desain Dapur

Sementara itu, dilansir dari Consumer New Zealand, Sabtu (5/3/2022), berikut beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan agar dishwasher lebih tahan lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com