Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Hewan Peliharaan, Memberi Makan Saja Tidak Cukup

Kompas.com - 21/02/2022, 22:28 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan artinya kamu sudah harus siap dengan bertanggung jawab terhadap hidup mereka.

Karena itu, keputusan memelihara hewan tidak bisa diambil dengan terburu-buru dan hanya karena keinginan sesaat.

Jessie dan Edison, Pegiat Healthy Lifestyle for Pets dari The Wonderbutts Family mengatakan bahwa memelihara hewan tak hanya tentang memberi makan saja, tapi juga memenuhi kebutuhan mereka yang lainnya.
“Tapi sekarang tuh ternyata banyak faktor yang kita berikan yaitu, rasa aman, rasa nyaman, diajak main juga beda. Ini dimainin atau diajak main,”ujar Jessie dalam acara Kind of Talks “Rayakan Valentine Bareng Anabul, Yuk Kenali Bahasa Tubuhnya,”baru-baru ini.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Kaki Anjing Peliharaan Mengotori Rumah

“Kalau dimainain itu hanya dipegang-pegang, kalau diajak main itu yang bisa menguras tenaga mereka, seperti lempar bola, hiking, atau berenang,”imbuhnya.

Pasalnya, mengajak peliharaan bermain tak hanya membuat mereka bahagia, namun juga menstimulasi mereka.
“Karena ngajak bermain kan melakukan kegiatan fisik yang mereka suka. Ngajak main kan berarti melakukan hal yang mereka suka. Stimulasi baik fisik maupun mental,”katanya.

Edison menambahkan, memiliki hewan peliharaan memiliki komitmen jangka panjang yang harus konsisten dilakukan oleh pemilik.
“Karena memiliki anjing itu adalah komitmen, anjing usianya 15-20 tahun, seumur itu kita harus komitmen,” ujar Edison.

“Kayak anak kecil, kalau sudah besar, mereka sudah bisa ngurus sendiri, kalau anjing enggak lho. Kalau enggak dikasih makan, enggak bisa nyari makan sendiri,” lanjut Jessie.

Baca juga: Catat, 10 Hal Ini Perlu Dilakukan Pemilik Setelah Mengadopsi Anjing

Untuk itu Edison kembali mengimbau para calon orang tua asuh para hewan peliharaan untuk mempersiapkan segalanya, termasuk finansial.
“Persiapan diri, mental dan finansial. Karena memiliki anjing mau itu adopt atau beli, biaya paling mahal itu merawatnya. Jadi enggak semudah itu,”ungkap Edison.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com