Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2022, 23:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantulan cahaya matahari atau cahaya lampu di ruangan dapat mengganggu kegiatan menonton televisi (TV). 

Sebab, sebagian besar TV modern memiliki layar mengkilap yang suka memantulkan cahaya meski dalam jumlah terkecil sekali pun. Kondisi ini dapat mengurangi kualitas gambar, bahkan membuatnya tidak terlihat. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Garis-garis di Layar TV

Mengapa layar TV memantulkan cahaya?

Banyak TV modern memiliki layar lebih mengkilap seperti cermin yang bisa menjadi sumber cahaya apa pun di ruangan, dari jendela hingga lampu.

TV lain memiliki lebih banyak layar matte yang tidak menunjukkan pantulan seperti cermin, tetapi cahaya sekitar tetap mempengaruhinya.

Alih-alih memantulkan cahaya kembali ke Anda, TV layar matte menyebarkan energi cahaya ke seluruh layar. Refleksi berkurang, tetapi tingkat hitam menjadi lebih cerah sehingga terlihat lebih pudar secara keseluruhan. 

Baca juga: 4 Pertimbangan Sebelum Menggantung TV di Dinding

Apa pun layar TV yang dimiliki, jika ada lampu di ruangan yang dapat "terlihat" di layar TV, Anda dapat melihatnya dan itu akan mempengaruhi kualitas gambar.

Meski ada pelapis antireflektif berperekat yang tersedia secara online, hal itu tidak selalu berfungsi. Tidak ada jaminan gambar akan terlihat lebih baik setelah menempelkan sesuatu ke layar TV. 

Tempelan ini hanya akan mengurangi pantulan dengan mengorbankan kualitas gambar secara keseluruhan, sama dengan TV yang awalnya datang dengan layar matte. 

Dilansir dari Cnet, Minggu (20/2/2022), ada beberapa cara meminimalkan pantulan cahaya dari televisi meski tidak menghilangkan. Bahkan cara ini tidak perlu mengeluarkan uang.

Berikut trik mengurangi pantulan cahaya pada layar TV untuk memperoleh gambar berkualitas. 

Baca juga: Kualitas Gambar Bisa Jernih, Begini Cara Tepat Memasang Antena TV 

Mematikan lampu pada ruangan 

Ilustrasi TV layar datar, smart TVUnsplash/Jens Kreuter Ilustrasi TV layar datar, smart TV
Cara termudah mengurangi pantulan cahaya pada layar TV adalah mematikan lampu. Biasanya, orang suka membiarkan lampu menyala saat menonton TV demi menghindari kelelahan mata.

Banyak orang merasakan sakit mata saat menonton TV dalam kondisi gelap, terutama untuk TV HDR yang lebih cerah.

Disadari atau tidak membiarkan lampu menyala saat menonton TV dapat menciptakan lingkungan menonton yang lebih santai, kecuali cahaya itu dipantulkan dari TV. 

Baca juga: 3 Alasan Tidak Perlu Membeli Smart TV dan Menggunakannya di Rumah

Jika memiliki TV LCD, mudah untuk mengurangi pantulan cahaya. Sebagian besar LCD memiliki kontrol lampu latar, sedangkan TV OLED memiliki "Kecerahan Piksel OLED".

Matikan TV pada malam hari untuk gambar yang lebih santai dan tingkat hitam yang lebih baik. Perlu diingat, TV biasanya memaksimalkan kecerahan saat menonton konten HDR.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com