Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Penting Makanan Basah untuk Kucing? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 15/02/2022, 07:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing membutuhkan makanan dengan bernutrisi cukup untuk menunjang pertumbuhannya.

Namun, banyak pemilik kucing yang hanya memberikan makanan kering pada sahabat bulu, padahal makanan basah juga diperlukan untuk kucing. 

Baca juga: Bukan Mistis, Ini Alasan Mata Kucing Bersinar Saat Kondisi Gelap

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (15/2/2022), banyak dokter hewan merekomendasikan memberikan kucing makanan secara eksklusif atau sebagian besar makanan basah. 

Ada beberapa alasan kucing peliharaan harus mengonsumsi makanan basah. Pertama, kucing adalah karnivora dan tidak dirancang untuk menelan banyak karbohidrat. 

Makanan kering mengandung lebih banyak karbohidrat daripada makanan basah. Bagi banyak kucing, mengonsumsi makanan kering dapat menyebabkan obesitas.

Kedua, kebanyakan kucing tidak meminum banyak air besar dan cenderung menjaga diri di ambang dehidrasi. Makanan basah menyediakan lebih banyak air sehingga bisa mendukung ginjal, saluran kemih, dan kesehatan kucing secara keseluruhan. 

Baca juga: 5 Arti di Balik Perilaku Aneh yang Ditunjukkan Kucing Peliharaan 

Haruskah memberikan makanan basah dan kering pada kucing? 

Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.UNSPLASH/LAURA CHOUETTE Ilustrasi kucing makan, memberi makan kucing.
Pertama, tentukan apakah Anda akan memberi makan kucing diet makanan basah 100 persen atau mengabungkannya dengan makanan kering.

Meski standar utama adalah memberi makanan basa, beberapa kucing menyukai makanan kering dan makan lebih sedikit jika hanya diberi makanan basah.

Selain itu, makanan kering lebih terjangkau sehingga bisa menghemat pengeluaran. Memberi makan campuran basah dan kering memerlukan sedikit perhitungan untuk memastikan kucing peliharaan mendapatkan jumlah kalori yang sesuai.

Untuk memudahkan pemberian makanan, lihat jumlah pemberian makan harian yang direkomendasikan pada setiap jenis makanan dan membaginya menjadi dua.

Setelah menentukan rasio basah-kering, saatnya menentukan jumlah kalori makanan. Pastikan memberi kucing makanan berkualitas, kemudian tentukan jumlah kalori per porsi. 

Baca juga: Hati-hati, Simak 3 Hal Ini Sebelum Membelai Kucing 

Berapa banyak makanan basah yang dibutuhkan kucing?

Ilustrasi kucing makanUnsplash/Felice Wölke Ilustrasi kucing makan
Kebutuhan kalori kucing bergantung pada beberapa faktor seperti berat badan kucing dan kondisi tubuh kucing.

Misalnya, kucing dengan berat badan 6,8 kilogram dan kondisi tubuh yang sehat membutuhkan lebih banyak kalori untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Selain itu, kucing seberat 6,8 kilogram dengan kerangka lebih mungil akan kelebihan berat badan dan membutuhkan lebih sedikit kalori. 

Sedangkan kucing yang kelebihan berat badan harus diberi makan sesuai dengan berat badan idealnya, bukan berat badannya yang sebenarnya. 

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Suka Tidur dengan Pemiliknya

Tak hanya itu, usia dan tingkat aktivitas juga berperan dalam menentukan jumlah kalori yang dibutuhkan kucing. Anak kucing yang sedang tumbuh membutuhkan lebih banyak kalori daripada kucing dewasa atau kucing tua.

Kucing yang aktif, sering berlari, dan suka bermain membutuhkan lebih banyak kalori daripada kucing yang tidak banyak bergerak. 

Selain itu, induk kucing yang sedang menyusui membutuhkan kalori ekstra untuk memproduksi ASI dan menjaga tubuhnya tetap sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com