Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menata Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil agar Rapi dan Teratur

Kompas.com - 13/02/2022, 09:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap rumah tentu menginginkan dapur yang besar dan ruang penyimpanan yang memadai.

Namun, kenyataannya banyak dari kita terjebak di dapur kecil dengan ruang penyimpanan yang hampir tidak cukup untuk menyimpan koleksi piring, gelas, dan peralatan makan lainnya. 

Baca juga: 6 Ide Menghemat Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil

Meski tidak dapat menambah luas area, ada banyak solusi pengorganisasian untuk membuat dapur kecil terasa jauh lebih rapi serta nyaman. 

Nah, dikutip dari My Domaine, Minggu (13/2/2022), berikut delapan cara jenius menata ruang penyimpanan di dapur kecil agar rapi dan teratur. 

Baca juga: Inspirasi Warna Cat Terbaik Dapur Kecil, Bikin Nyaman dan Estetik

Manfaatkan ruang vertikal 

Ilustrasi dapur sempit, dapur kecil. SHUTTERSTOCK/RICHMAN21 Ilustrasi dapur sempit, dapur kecil.
Untuk membuat tempat penyimpanan di dapur kecil, Anda bisa memanfaatkan ruang vertikal. Bawa organisasi ke tingkat lebih tinggi saat menambahkan rak dan lemari dari lantai ke plafon.

Simpan barang sehari-hari dalam jangkauan serta barang-barang ekstra dan barang yang jarang digunakan pada bagian atas. Jika perlu, pasang tangga untuk memudahkan akses. 

Baca juga: 5 Trik Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil

Bawa opsi pantry lain

Jika kekurangan lemari built-in dan ruang rak, tidak berarti harus menyimpan barang-barang dapur di konter berharga Anda.

Cukup geser rak buku ke sudut kosong dapur untuk tambahan cantik yang akan memberi banyak ruang penyimpanan tambahan, piring, dan buku masak favorit. 

Coba rak kabinet luar

Di dapur kecil, ruang penyimpanan sangat terbatas. Karena itu, perlu memikirkan setiap ruang kosong sebagai peluang untuk menciptakan tempat tambahan menyimpan barang-barang dapur.

Manfaatkan sisi lemari dapur yang tidak terpakai untuk memaksimalkan penyimpanan dengan rak. 

Baca juga: 7 Tips Menyiasati Dapur Kecil Terasa Lebih Luas

Jadikan segalanya mudah ditemukan 

warna cat dinding putih adalah yang terbaik untuk dapur kecil.UNSPLASH/IM3RD MEDIA warna cat dinding putih adalah yang terbaik untuk dapur kecil.
Ketika memiliki dapur kecil, sangat penting memastikan semua barang memiliki tempatnya dan mudah ditemukan.

Pilih keranjang kawat atau jaring yang dapat dilihat dan bersihkan tempat sampah untuk memudahkan menemukan camilan favorit.

Memasukkan rak geser

Memasukkan rak geser di dapur kecil dapat memudahkan mengakes kembali barang-barang dapur tanpa memilah-milah sejuta hal lain terlebih dahulu. Ini adalah puncak kebahagiaan organisasi. 

Baca juga: Punya Dapur Kecil? Ini Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Pertimbangkan bentuk wadah

Tidak semua wadah harus disimpan dengan cara sama. Contohnya, produk minuman. Beberapa wadah minuman ada yang disimpan berdiri, sebagian lebih baik disimpan berbaring. Evaluasi kebutuhan Anda dan simpan mengikut cara di atas.

Manfaatkan penyimpanan di balik pintu lemari 

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur. PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur.
Cara lain menata tempat penyimpan di dapur kecil adalah memanfaatkan ruang di balik pintu lemari dapur. Pasang sistem rak di belakang pintu untuk menggandakan ruang penyimpanan di dapur kecil. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menata Dapur

Buat dapur terbuka

Ruang dinding kosong di dapur kecil dapat dimanfaatkan untuk membuat sendiri dapur terbuka dengan beberapa potensi estetika yang serius.

Cobalah membuat rak kayu sendiri dengan ukuran 2 x 4 meter, lalu pasang ke dinding kosong di dapur. Hal ini dapat mengubah tampilan dapur kecil dan menyediakan banyak ruang penyimpanan untuk bahan pokok serta piring dapur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com