Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tren Dekorasi Ruang Tamu 2022 yang Bisa Jadi Inspirasi Anda

Kompas.com - 12/01/2022, 12:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi penggemar desain interior, salah satu bagian paling menarik dari tahun baru adalah melihat tren apa yang dibawanya. Tren desain ini meliputi beberapa area di dalam rumah, salah satunya ruang tamu.

Melansir dari The Spruce, Rabu (12/1/2022), di tahun 2022 ini, di dalam ruang tamu akan lebih banyak warna dan motif. Berikut tren dekorasi ruang tamu yang diprediksi oleh para ahli.

1. Warna dan motif maksimal

"Setelah beberapa tahun lebih tenang dalam hal kain, saya melihat orang-orang merangkul warna-warna yang menyenangkan dan motif unik di furnitur sehari-hari mereka," kata Mimi Meacham dari Marian Louise Designs.

 

Baca juga: 3 Renovasi Kecil yang Bisa Membuat Ruang Tamu Kembali Segar dan Baru

Ilustrasi sofa di ruang keluarga atau ruang tamu. UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi sofa di ruang keluarga atau ruang tamu.

Memanfaatkan berbagai elemen kain warna-warni, sofa berlapis kain khusus, kursi, dan tirai yang membingkai jendela akan menyenangkan, dan cara lain untuk membawa kepribadian ke dalam ruang.

Dia juga menambahkan bahwa bagian struktural rumah, seperti pintu akan mendapatkan kesempatan untuk bersinar dengan permukaan warna-warni dari warna hijau, biru, ungu muda, dan kuning untuk mengangkat dan membingkai motif.

2. Vintage

Amy Leferink dari Interior Impressions mengatakan bahwa sumber barang antik akan menjadi lebih besar dari sebelumnya tahun ini.

"Kami percaya orang akan lebih cenderung menggunakan kembali perabot atau dekorasi lama agar lebih ramah terhadap anggaran mereka," tutur Leferink. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Cokelat, Hangat dan Nyaman

Meskipun ini akan menjadi tren besar di ruang tamu, itu meluas ke bagian lain dari rumah termasuk ruang makan dan kamar tidur. Ini juga merupakan kesempatan sempurna untuk melakukan proyek dekorasi sendiri dan bahkan renovasi.

3. Minimalis dan multifungsi

Beberapa ahli telah menyebutkan bahwa minimalisme sedang bangkit kembali. Tapi ini bukan hanya warna yang tenang dan siluet sederhana, ini masuk lebih dalam ke konsep dan makna minimalis, termasuk ruangan yang dapat berfungsi ganda sebagai lebih dari satu ruang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com