Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Ini 4 Tips Memilih Furnitur untuk Ruang Kecil

Kompas.com - 09/01/2022, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kecil sering kali menjadi penghalang dan hambatan bagi banyak penghuni rumah untuk mendekorasi ruangan, salah satunya memilih furnitur yang tepat. 

Namun, sebetulnya, Anda tidak perlu menyerah pada ruang yang lebih kecil hanya karena tidak dapat menemukan furnitur dan gaya yang pas di dalamnya.  

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Furnitur Kayu untuk Rumah

Ada beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk memasukkan furnitur ke ruang kecil tanpa membuat ruangan semakin terlihat kecil dan sumpek. Begitu pun, ada banyak pilihan furnitur yang akan membuat ruang tampak hidup serta luas. 

Dilansir dari My Decorative, Minggu (9/1/2022), berikut tips memilih furnitur untuk ruang kecil. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rotan 

Pahami skalanya

Ilustrasi ruang keluarga kecilUnsplash/Francesca Tosolini Ilustrasi ruang keluarga kecil
Sebuah ruang kecil membutuhkan furnitur yang tepat untuk muat di dalamnya. Ruang tamu adalah area umum untuk keluarga dan tamu.

Karena itu, furnitur yang dipilih tidak boleh membebani ruangan. Anda bisa mendapatkan furnitur modern dan kontemporer untuk kursi samping tanpa lengan yang dipadukan dengan meja ujung terbuka (nesting table). 

Letakkan nesting table yang lebih kecil di mana saja saat dibutuhkan. Misalnya, Anda bisa meletakkannya di samping kursi atau di depan sofa bed. 

Meja ini bisa dilipat atau menyelipkan ke salah satu ruang saat tidak digunakan. Tentu saja ini bisa menghemat ruang. 

Baca juga: 5 Tren Furnitur yang Akan Populer pada 2022

Tempat tidur untuk kamar tidur kecil 

Tempat tidur adalah furnitur utama di kamar tidur. Namun, kamar tidur yang kecil tidak dapat mengakomodasi tempat tidur besar atau berukuran king.

Dalam kasus seperti itu, ada beberapa ukuran tempat tidur untuk setiap bentuk dan ukuran kamar tidur. Namun, jika menginginkan tempat tidur berukuran besar, Anda harus memiliki cukup ruang di sekeliling bingkai. Ini untuk mengaktifkan akses pada ketiga sisi.

Untuk menciptakan lebih banyak ruang, Anda dapat mempertimbangkan tabel aksen kecil. Selain itu, Anda dapat menyertakan tempat tidur dengan laci untuk menyimpan barang-barang penting yang berserakan seperti buku, kacamata, dan jam weker. 

Baca juga: 4 Cara Menemukan Furnitur yang Tepat untuk Kamar Tidur 

Ruang multifungsi

Ruang tamu kecil membutuhkan furnitur yang melayani lebih dari satu tujuan. Contohnya, meja ottoman terbuka saat bersamaan dapat berfungsi sebagai ruang penyimpanan.

Selain itu, meja kopi dengan laci akan membantu menyimpan remote dan bahan belajar dan meja kopi dengan rak dapat membantu menyimpan karya seni favorit Anda. Bangku dapat berfungsi sebagai meja samping atau kursi tambahan untuk para tamu. 

Baca juga: 6 Material Furnitur Outdoor dan Cara Merawatnya

Cermin

Ilustrasi cerminUnsplash/Spacejoy Ilustrasi cermin
Seperti diketahui, cermin bisa memberikan ilusi yang membuat ruangan tampak besar. Dinding besar yang kosong akan menjadi tempat sempurna untuk menggantung atau menyandarkan cermin untuk menarik cahaya dari luar masuk ke ruangan.

Ruang kecil juga dapat membawa cahaya masuk melalui aksesori logam seperti lampu meja atau lampu lantai.

Sementara itu, untuk warna cat, pilih palet berwarna terang. Cat gelap akan menyerap cahaya, tidak seperti nada lembut yang memantulkannya untuk membuat ruang tampak lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com