Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2022, 13:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Sebagian orang tak merasa nyaman melihat barisan semut berbaris melintasi lantai. Karena begitu mereka menemukan jalan masuk, rasanya tidak mungkin untuk menyingkirkannya tanpa menggunakan semprotan kimia yang keras.

Terlebih jika mereka sudah bersarang, dapur Anda penuh dengan obat semut alami untuk menyingkirkan mereka dan mencegah mereka datang kembali.

Namun kini Anda tak perlu khawatir, melansir dari Hunker pada Sabtu (08/01/2022) ada sejumlah bahan alami yang dapat digunakan untuk mengusir dan mencegah semut masuk ke rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Semut secara Alami Pakai Kulit Jeruk

Gunakan minyak esensial

Ingin menyingkirkan semut dan membuat rumah Anda harum pada saat yang bersamaan? Cobalah minyak esensial.

Semut membenci aroma tertentu, terutama yang kuat seperti peppermint dan kayu manis. Buat semprotan semut yang mudah dengan mencampur 20 tetes minyak esensial seperti peppermint dengan satu cangkir air dalam botol semprot.

Semprotkan langsung pada semut dan sekitar titik masuk. Semprotkan alas tiang dan tong sampah dan nikmati aroma segarnya.

Baca juga: Ragam Cara untuk Mencegah Semut Masuk ke dalam Rumah

Bersihkan dengan cuka

Ilustrasi cuka untuk membersihkan komporDok. Pexels/ cottonbro Ilustrasi cuka untuk membersihkan kompor

Pastinya Anda menyukai pembersih yang murah dan efektif ini, tetapi semut membencinya karena menghilangkan jejak aroma mereka.

Campurkan pembersih semprot serba guna dengan cuka putih yang dapat membasmi dan mengusir semut pada saat yang bersamaan.

Campurkan 1/2 cangkir cuka putih dengan 1/2 cangkir air dalam botol semprot, dan mulailah menyemprot.

Anda juga dapat menambahkan minyak esensial, seperti yang disebutkan di atas. Gunakan untuk membersihkan lantai, konter, meja, dan di mana pun Anda melihat semut.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Daur ulang ampas kopi

Bubuk kopi kadaluarasa adalah cara murah untuk mengusir semut karena mereka tidak menyukai baunya yang menyengat.

Solusi ini agak berantakan untuk digunakan di dalam ruangan, tetapi sangat bagus untuk di luar ruangan.

Baca juga: Simak, 6 Cara Mudah Membasmi Semut di Rumah, Bisa Pakai Lemon

Taburkan sedikit bedak

Produk kosmetik seperti bedak dan lipstik harus dibersihkan rutin agar bebas kuman dan virus.UNSPLASH/RAPHAEL LOVASKI Produk kosmetik seperti bedak dan lipstik harus dibersihkan rutin agar bebas kuman dan virus.

Tanah diatom tingkat makanan adalah bubuk silika halus dan tidak berbau yang membuat pengendalian hama alami super sederhana.

Ini tidak hanya membunuh semut tetapi juga kutu dan kecoak. Taburkan bedak di sekeliling rumah Anda dan di pintu masuk. Oleskan langsung ke jalur semut atau di atas gundukan semut.

Baca juga: Cara Membuat Cairan Pembasmi Semut Alami

Perasan lemon

Semut membenci semua hal yang berbau jeruk, jadi ketika hidup memberi Anda lemon, ubahlah menjadi pengusir semut.

Campurkan jus lemon dan air dalam jumlah yang sama dalam botol semprot, lalu semprotkan langsung pada semut dan di sekitar jendela dan pintu masuk untuk membalikkan jejak semut itu.

Tempatkan kulit lemon (atau buah jeruk lainnya) di lemari atau di sekitar pintu masuk. Anda juga dapat membeli pembersih beraroma jeruk atau menambahkan minyak esensial jeruk ke dalam semprotan pembersih buatan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com