Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Mendekorasi Ruang Tamu yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 26/12/2021, 14:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu menjadi salah satu ruangan di rumah yang memberi kenyamanan. Ruang tamu biasa digunakan untuk menghabiskan sebagian besar waktu senggang dan tempat menyambut tamu atau teman yang berkunjung.

Karena itu, ruang tamu perlu didekorasi semenarik mungkin. Kesalahan dekorasi dapat merusak ruangan dan membuatnya tidak nyaman

Dilansir dari Decor Tips, Minggu (26/12/2021), berikut beberapa kesalahan mendekorasi ruang tamu yang harus dihindari. 

Baca juga: Bikin Jelek, Singkirkan 6 Hal ini dari Ruang Tamu 

Tidak menggabungkan seluruh ruangan

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hijau.
Sangat penting mempelajari cara memilih palet warna dengan benar dan cara bermain dengan nada berbeda. Jika tidak, ruang tamu terlihat seperti katalog department store.

Lupakan mencocokkan gorden dengan bantal dan mencari kecocokan warna yang tepat antara dinding dan karpet. Ini tentang menciptakan harmoni antara semua warna dan objek sambil memberikan sentuhan pribadi sesuai dengan selera masing-masing pribadi. 

Baca juga: 6 Tips Memilih Warna Terbaik untuk Ruang Tamu 

Tidak mempertimbangkan distribusi furnitur

Karena menjadi salah satu area berkumpul, ruang tamu harus nyaman untuk dinavigasi tanpa furnitur yang menghalangi jalan. Ini harus memberikan perasaan kelapangan.

Buat jalur yang bisa dijalani dan posisikan sofa sedemikian rupa sehingga Anda bisa bergerak di tanpa menabrak apa pun. 

Baca juga: Warna Terbaik untuk Ruang Tamu Menurut Feng Shui, Apa Saja? 

Lukisan dan hiasan dinding ekstra besar

Menggantung lukisan atau hiasan dinding format besar merupakan salah satu kesalahan dekorasi yang dapat merusak ruang tamu. Hindari melakukan ini kecuali ruang tamu cukup besar dan layak untuk sebuah istana.

Perhatikan dimensi yang digunakan. Ini berkaitan dengan ukuran lukisan dan ukuran dinding, di samping ketinggian tempat Anda akan menggantungnya. 

Baca juga: 7 Cara Mudah Membuat Ruang Tamu Sempit Tampak Luas 

Hindari tirai mencolok

Tirai menghiasi lingkungan apa pun dan mendekorasi ruangan sambil membiarkan cahaya masuk atau melindungi ruangan dari cahaya, tergantung pada tujuannya.

Jika ruang tamu kecil, hindari tirai dengan kain berlebihan, pola mencolok, geometris besar, dan warna intens. 

Banyak menggunakan aksesori

Ilustrasi ruang tamu minimalisUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang tamu minimalis
Memenuhi ruang tamu dengan aksesori dan potongan dekoratif hanya akan mengurangi fungsi ruang tamu dan membuatnya berantakan. Untuk itu, minimalkan aksesori dan elemen dekoratif yang berlebihan di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Wallpaper Dinding 

Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting dalam mengatur pemandangan dan ruang tamu harus memiliki beberapa titik cahaya. Ini menciptakan suasana yang dibutuhkan untuk setiap situasi.

Duduk menonton film membutuhkan cahaya berbeda sambil menikmati permainan bersama keluarga pada sore hari.

Selain pencahayaan di atas kepala, tambahkan titik cahaya dengan lampu lantai dan meja. Pencahayaan ini akan membantu Anda memfokuskan jumlah cahaya yang tepat untuk setiap aktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com