Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2021, 15:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memelihara anjing memiliki beragam manfaat. Selain menjadi teman untuk menemani hari-harimu, juga menjadi teman untuk bercerita.

Sebagian pemilik mungkin berharap agar anjingnya bisa bicara dan mengerti apa yang disampaikan. Entah untuk meramaikan suasana, atau mungkin memberi tanggapan dan solusi yang tidak biasa.

Melansir Martha Stewart, Jumat (17/12/2021), sebuah studi baru menyatakan bahwa rata-rata anjing mengerti 89 kata dan frasa.

Baca juga: Bahaya Mengikuti Tren Menggonggong pada Anjing yang Viral di TikTok

Ilustrasi anak tidur bersama anjingshutterstock Ilustrasi anak tidur bersama anjing

Studi itu dipublikasi dalam jurnal Applied Animal Behaviour Science dan dilakukan oleh para peneliti di Dalhousie University, Kanada.

“Kami bertujuan untuk mengembangkan inventori kata-kata yang dilaporkan pemilik yang komprehensif, yang diyakini oleh pemiliknya akan ditanggapi secara berbeda dan konsisten oleh anjing mereka,” tulis peneliti Catherine Reeve dan Sophie Jacques dalam studi itu.

Survei ke ratusan pemilik anjing

Untuk menyusun studi tersebut, para peneliti melakukan suvei terhadap 165 orang yang memiliki anjing dari beberapa ras anjing yang berbeda.

Para pemilik melaporkan kata-kata dan frasa yang berbeda yang sepertinya dipahami oleh anjing mereka.

Baca juga: Siapkan Hati dan Mental, Ini Sederet Tanda Anjing Peliharaan Akan Mati

Lebih lanjut, mereka melaporkan bahwa rata-rata anjing mereka merespons pada 89 kata. Sebanyak 78 kata dari jumlah itu diberikan oleh para peneliti, sementara 11 lainnya ditambahkan oleh para pemilik.

Hasilnya adalah anjing yang paling tidak responsif hanya merespons pada 15 kata, sementara anjing yang paling responsif mengetahui hingga 215 kata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com