Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keuntungan Memiliki Kamar Tidur Berwarna Putih

Kompas.com - 16/12/2021, 17:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kamar dengan warna cat putih ternyata memiliki banyak keuntungan, salah satunya dapat mendekorasinya dengan beragam gaya.

Namun, selain itu, rupanya ada banyak keuntungan memiliki kamar tidur putih bagi kehidupan dan kesehatan mental.

Mengutip dari Decor Tips, Kamis (16/12/2021), berikut keuntungan memiliki kamar tidur berwarna putih. 

Baca juga: 4 Trik Membuat Kamar Tidur Anak yang Menarik dan Nyaman

Memberi kesan positif

Pemilihan furnitur dan pencahayaan juga berperan penting untuk menciptakan kesan romantis di kamar tidur.Unsplash/Sidekix Media Pemilihan furnitur dan pencahayaan juga berperan penting untuk menciptakan kesan romantis di kamar tidur.
Menurut psikologi warna, putih memiliki beberapa sugesti positif seperti membangkitkan kemurnian, kebersihan, kedamaian, dan ketenangan.

Para ahli mengatakan, putih membantu memurnikan pikiran sehingga kamu akan tetap positif.

Membuat tidur lebih nyenyak

Menggunakan warna cat putih untuk kamar tidur dapat membantu tidur lebih nyenyak karena membantu ruangan terasa lebih sejuk dan segar. 

Baca juga: 7 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Menurut Feng Shui

Menghemat penggunaan listrik

Warna netral ini membantu meningkatkan pencahayaan alami sehingga tidak perlu terlalu bergantung pada lampu. Dengan begitu, kamu bisa menghemat penggunaan listrik.

Menjadi kanvas untuk beragam gaya dekorasi

Keuntungan lain dari kamar tidur berwarna putih adalah mudah mendekorasinya. Sebab, putih seperti kanvas kosong yang bisa dimanfaatkan untuk menambahkan warna, tesktur, atau aksesoris lain dalam ukuran yang tepat.

Selain itu, perabotan berbahan dasar kayu atau logam juga cocok untuk dikombinasikan dengan dinding putih. Begitu pun cat putih di kamar tidur bisa mudah dipadukan dengan seprai, karpet, dan tirai.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membersihkan dan Menghilangkan Noda di Kasur

Membuat kamar tidur terasa lebih lebar

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Steven Ungermann Ilustrasi kamar tidur
Putih adalah pilihan ideal untuk kamar tidur kecil atau kamar tanpa jendela karena dapat membuat ruangan menjadi lebih terang serta memberi kesan ruangan jauh lebih lebar dari sebenarnya.

Tips menggunakan cat putih

Jika ingin segera mengecat dinding menjadi putih, terdapat sejumlah tips yang dapat dilakukan, salah satunya seputar kombinasi antarwarna. 

Putih adalah warna dasar yang paling direkomendasikan karena bisa mengombinasikannya dengan warna-warna lain.

Baca juga: 7 Tips Menata Kamar Tidur Sempit Menurut Feng Shui

Namun, jika dikombinasikan dengan warna bernuansa dingin, kamu bisa menyeimbangkannya dengan memanfaatkan furnitur kayu untuk menonjolkan seluruh warna.

Jika memiliki lantai, plafon, dan bingkai jendela yang gelap, dinding putih akan menonjolkan warna itu tanpa membuat kamar tidur terlihat gelap.

Namun, bila belum berminat mengecat kamar tidur dengan warna putih, alternatif lain menggunakan dekorasi atau furnitur berwarna putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com