Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 6 Cara Mendekorasi Ruangan Tanpa Mengeluarkan Banyak Biaya

Kompas.com - 15/12/2021, 11:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanpa disadari, mendekorasi sebuah ruangan dapat memberikan efek yang berbeda pada suasana hati seseorang.

Ketika ruangan yang didekorasi tampak lebih rapi serta tertata dan indah, akan memberikan efek yang baik pada suasana hati, dan sebaliknya, ruangan yang berantakan akan membuat suasana hati menurun.

Akan tetapi, mendekorasi ruangan tak semudah dan semurah dibayangkan. Ada banyak elemen dekorasi yang harus dimiliki untuk membuat ruangan lebih baik.

Baca juga: 5 Dekorasi yang Dapat Membuat Kamar Tidur Putih Tampak Menarik

Melansir dari Living Well Spending Less, Rabu (15/12/2021) sebenarnya, untuk mendekorasi sebuah ruangan, Anda dapat memanfaatkan furnitur dan barang lainnya yang sudah ada di dalam ruangan tersebut, dengan cara berikut ini. 

1. Atur ulang

Salah satu hal termudah dan paling murah adalah mengatur ulang furnitur yang Anda miliki. Cobalah sesuatu yang berbeda, seperti letakkan tempat tidur Anda di dinding yang berlawanan, atau ubah meja ujung ke sisi lain kursi.

Menata ulang bisa menjadi tugas sederhana atau proyek sehari penuh. Jika Anda benar-benar siap dengan pengaturan yang Anda miliki atau jika furnitur Anda benar-benar hanya berfungsi dalam satu pengaturan, coba ganti meja.

Pindahkan aksesori dari ruang tamu ke ruang makan atau pindahkan lampu dari kamar tidur ke sudut kantor Anda.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Desain Menyenangkan

2. Tambahkan warna cat baru

Menambahkan warna cat baru pada apa pun dapat mengubah keseluruhan tampilan suatu karya. Banyak toko menawarkan botol cat "contoh" kecil yang memiliki cukup cat untuk menutupi barang yang sangat kecil.

Cat semprot juga dapat bekerja dengan indah dan benar-benar dapat menambahkan banyak warna di dalam ruangan. 

3. Tambahkan warna aksen 

Nilai ruangan Anda dan cari warna yang kontras untuk menambahkan beberapa kehidupan—beberapa item yang ditempatkan secara strategis dalam warna merah atau oranye, atau rona cerah dan ceria dapat mempercantik ruangan.

Tambahkan pita merah sebagai pengikat pada tirai biru atau tambahkan untuk memangkas tepi kap lampu putih dengan warna yang menyenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com