Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pakai Kopi Sebagai Pupuk Tanaman? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 25/11/2021, 11:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi minuman favorit bagi banyak kalangan, kopi ternyata memiliki manfaat lain untuk tanaman.

Melansir dari The Spruce, Kamis (25/11/2021), bubuk kopi adalah sumber nitrogen yang baik di tumpukan kompos atau ketika ditambahkan langsung ke tanah di kebun.

Jika ditambahkan dalam jumlah yang cukup besar, mereka dapat meningkatkan tingkat keasaman tanah untuk pecinta asam seperti blueberry, azalea, dan rhododendron.

 

Baca juga: 5 Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias

Bubuk kopi yang ditaburkan di atas tanah di sekitar tanaman yang menyukai asam berfungsi sebagai pupuk asam ringan bagi mereka.

Selain itu, cacing tampaknya menyukainya, baik di kebun atau di tumpukan kompos luar ruangan.

Pun ampas kopi dianggap sebagai pencegah hama taman alami yang efektif seperti siput, dan semut.  Bubuk kopi akan mencegah kucing nakal berkeliaran di kebun Anda, tetapi efektivitasnya pada kelinci dan hewan pengerat taman umum lainnya tidak diketahui.

Kopi cair

Jika Anda menyeduh kopi dengan teko tanpa gula, Anda mungkin bertanya-tanya apakah sisa air kopi dingin dapat digunakan untuk menyirami tanaman atau bisakah sisa setengah cangkir kopi dingin di cangkir Anda dituangkan ke pot tanaman sirih gading di sebelah meja Anda?

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Menghilangkan Noda Air pada Meja Kopi

Jawaban singkatnya adalah mungkin. Itu tergantung pada tanaman. Tanaman yang lebih menyukai tanah yang lebih asam (seperti violet Afrika, Impatiens, pinus Pulau Norfolk, anggrek Phalaenopsis, dan Dieffenbachia) tampaknya merespons dengan baik penyiraman mingguan dengan kopi.

Di luar ruangan, tanaman yang menyukai asam seperti azalea, Rhododendron, iris Siberia, lupin, dan pohon pinus atau semak apa pun akan baik-baik saja jika disiram secara berkala dengan kopi dingin. Kopi cair juga bisa digunakan untuk menyiram tumpukan kompos yang sudah terlalu kering.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba menyiram tanaman hias dengan kopi, perhatikan baik-baik tanaman Anda.

Jika dedaunan mulai menguning atau ujung daun mulai berubah menjadi cokelat, itu pertanda bahwa kopi menambahkan terlalu banyak keasaman ke tanah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com