Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Alami Menghilangkan Bau dan Menyegarkan Udara di Kamar Anak

Kompas.com - 24/11/2021, 20:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur anak tak hanya menjadi tempat anak tidur dan beristirahat, tapi juga bermain dan melakukan kegiatan yang disukai anak.

Tak jarang, dengan aktivitas yang terus-menerus dilakukan, kamar tidur anak menjadi lebih cepat berbau. Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk anak dan tidak menghirup bahan kimia berbahaya.

Melansir dari Apartment Therapy, Rabu (24/11/2021), berikut lima cara alami menghilangkan bau dan menyegarkan udara di kamar tidur anak

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Kamar Tidur Anak Laki-laki, Bisa Sampai Remaja 

Gunakan tanaman dan bunga potong

Ilustrasi bunga potong di dalam vas. PIXABAY/COUNSELLING Ilustrasi bunga potong di dalam vas.
Bunga potongan dapat memberikan wewangian yang bebas bahan kimia. Selain bunga potong, tanaman hias dalam pot juga membantu mengeluarkan senyawa organik yang mudah menguap dan karbon dioksida dari udara.

Tanaman hias yang dapat membantu mengusir bau dan mengharumkan ruang seperti pakis boston menghilangkan formaldehida dan bunga lili perdamaian mengurangi aseton.  

Baca juga: 5 Kamar Tidur Anak yang Terinspirasi dan Tokoh Kartun

Buat penyegar udara dan karpet

Laman Merrymaids menyarankan membuat penyegar udara dan karpet sendiri. Caranya, campurkan 10-20 tetes minyak esensial apa pun, satu sendok makan baking soda, botol semprot, satu gelas air, dan mangkuk.

Caranya, campurkan semua bahan yang diperlukan, lalu kocok dengan baik selama 20-30 detik, dan semprotkan ke ruangan.

Sementara itu, untuk membuat penyegar karpet, siapkan satu cangkir baking soda, satu sendok makan kayu manis bubuk, dan botol pengocok atau wadah bumbu.

Untuk membuatnya, campurkan bahan ke wadah bumbu yang memiliki lubang di atasnya, lalu taburkan ke karpet, dan diamkan selama 30-60 menit. Selanjutnya, vakum karpet seperti biasa dan pastikan menghilangkan residu apa pun.

Baca juga: Cara Mendekorasi Kamar Tidur Anak dari Tahapan Bayi hingga Dewasa 

Gunakan minyak esensial

Ilustrasi minyak esensial lemon Amy_Lv Ilustrasi minyak esensial lemon
Minyak tumbuhan esensial seperti lavender, lemon, verbena, atau bergamot menawarkan aroma murni. Anda bisa menggunakan minyak essensial ini dalam bentuk sachet, bunga rampai organik, bahkan satu atau dua tetes pada bola kapas.

Tempatkan minyak essensial ini secara strategis di dalam kamar anak, tapi jauh dari jangkauan anak-anak, seperti di bagian atas ambang jendela.

Bisa pula membuat semprotan ruangan sendiri dengan mencampurkan delapan atau sembilan tetes minyak esensial ke dalam 600 mililiter air dalam botol semprot dan kocok sebelum diaplikasikan di kamar anak.

Baca juga: 5 Tips Mencitpakan Kamar Tidur Anak yang Nyaman dan Rapi 

Buka jendela

Untuk memberikan udara segar setiap hari di dalam kamar anak, buka jendela setiap lima hingga 10 menit untuk membuat udara di dalam kamar tidur bersirkulasi dengan baik.   

Jauhkan makanan

Periksa makanan yang ada di kamar tidur anak karena makanan akan menyebarkan bau tak sedap di dalam kamar. Hindari meletakkan makanan apa pun di kamar tidur, terlebih menyimpannya dalam waktu lama. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com