Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal, Ikuti Ini Tips Memilih Warna Meja Dapur yang Tepat

Kompas.com - 09/11/2021, 13:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja dapur bisa menjadi pilihan dekorasi yang paling penting. Bukan hanya karena dampak visualnya, tetapi juga karena waktu dan biaya pemasangannya.

Melansir dari The Spruce, Selasa (9/11/2021), memilih jenis permukaan meja yang tepat tergantung pada selera, tingkat penggunaan, dan gaya keseluruhan rumah Anda.

Setelah memutuskan material meja yang tepat untuk rumah, inilah saatnya memilih warna. Berikut tips memilih warna meja dapur yang tepat. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Tepat Membersihkan Meja Dapur Marmer 

Cat dan aksesori dapat berubah seiring waktu

Saat memilih warna meja dapur, Anda akan mencocokkannya dengan skema warna ruangan. Mencocokkan meja dapur dengan warna cat bisa menambah keindahan ruangan.

Namun, perlu diingat bahwa selera warna dapat berubah dan ruangan dapat dicat ulang. Countertops berwarna kuat yang dipilih untuk dicocokkan dengan cat, aksesori, atau warna furnitur dapat dengan mudah menjadi usang.

Pertimbangkan memilih warna meja dengan warna favorit Anda sehingga dapat  dikombinasikan dengan berbagai gaya interior apa pun. 

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Meja Kopi yang Fungsional dan Bergaya 

Kenali nada elemen ruangan

Ilustrasi dapur modernUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur modern
Nada bisa menjadi teman terbaik Anda dalam mendekorasi suatu ruangan. Kunci berteman dengan undertone adalah belajar mengetahui perbedaannya.

Jika memiliki lemari kayu ceri dan meja biru atau hijau, Anda akan membuatnya tampak sangat merah, bahkan merah muda. 

Baca juga: 5 Cara Menjaga Meja Dapur Tetap Bersih

Jika lantai atau lemari memiliki warna dasar kuning atau oranye, memilih meja dapur abu-abu atau biru dingin akan memperkuat warna tersebut.

Pemahaman dasar tentang rona warna dapat membantu menghindari bentrokan warna dengan meja baru Anda. Pola meja berurat atau berbintik dapat memberi semburat warna yang dibutuhkan tanpa menciptakan drama warna di dapur. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Meja Dapur Granit 

Pengambilan sampel penting untuk meja dapur 

Banyak meja dapur dibuat di toko dengan strip cat dan sampel kayu. Metode cepat ini tidak memastikan bahwa Anda membuat pilihan yang tepat.

Jika memungkinkan, lihat semua elemen secara bersamaan dalam pencahayaan ruangan yang unik. Pastikan memegang atau menempelkan sampel dalam orientasi yang benar satu sama lain, yaitu sampel cat dan lemari secara vertikal serta sampel lantai dan meja secara horizontal) karena cara cahaya mengenainya dapat mengubah segalanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com