Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menciptakan Rumah Bergaya Perancis yang Menenangkan dan Estetik

Kompas.com - 24/10/2021, 20:08 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Prancis dikenal karena beberapa hal: croissant, Menara Eiffel, dan preferensi dalam hal fashion juga desain yang selalu indah juga estetik.

Dalam hal desain rumah, gaya Prancis mewujudkan keanggunan yang terasa mudah dan dikuratori dengan cermat, menenangkan namun sangat personal.

Seringkali dipenuhi dengan perpaduan gaya dan era. Interior bergaya Prancis mungkin tampak sangat chic, tetapi tampilannya bukannya tidak mungkin untuk ditiru.

Baca juga: Menurut Survei, Ini 5 Elemen yang Jadi Kunci Rumah Bahagia

 

Anda tidak harus tinggal di apartemen bersejarah Paris atau rumah pertanian abad ke-18 di pedesaan Provençal untuk menciptakan desain interior ala Prancis.

Melansir dari Better Homes & Gardens pada MinggU (24/10/2021) berikut ini tips menciptakan desain rumah bergaya Prancis.

Mengombinasikan era lama dan baru

Interior bergaya Prancis seringkali sangat khas dan eklektik, menampilkan furnitur dan dekorasi dari berbagai era, gaya desain, dan sumber.

Untuk mencapai tampilan ini, sandingkan temuan barang-barang bekas yang unik dengan barang-barang kontemporer atau barang antik Eropa dengan perabotan modern abad pertengahan.

Pertahankan tampilan yang kohesif alih-alih semrawut dengan mengulangi beberapa warna utama di seluruh ruang untuk menghubungkan berbagai elemen.

Baca juga: Catat, 8 Tempat Berdebu di Rumah Ini Harus Sering Dibersihkan

Detail arsitektural

Rumah Anda bisa jadi tidak memiliki cetakan langit-langit yang rumit dan lantai herringbone dari penthouse di tepi Sungai Seine, tetapi Anda masih dapat memainkan detail arsitektur ruangan.

Jadikan hiasan dinding seperti lukisan atau vas bunga untuk menonjolkan desain arsitektural. Jika rumah Anda tidak memiliki arsitektur yang khas, pertimbangkan upgrade kecil untuk meningkatkan karakter.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini agar Tak Salah Pilih Cat Dinding Eksterior Rumah

Hiasi dengan warna-warna lembut

Tips menggabungkan desain rumah modern dengan elemen vintage Shutterstock.com Tips menggabungkan desain rumah modern dengan elemen vintage

Bagian dari kesederhanaan interior bergaya Prancis berasal dari palet warna. Dinding putih bersih dan perabotan berwarna netral biasanya mendominasi rumah bergaya Prancis.

Selain itu, warna-warna seperti abu-abu, sage green, steely blue atau dusty rose, dapat menambah kedalam pada palet netral namun tetap menambahkan efek lembut yang cantik.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Laba-laba Masuk dan Membuat Sarang di Rumah

Tambahkan sentuhan glamor

Setiap kamar bergaya Prancis membutuhkan unsur glamor. Anda dapat langsung meningkatkan ruang dengan cara menggantung lampu kristal halus atau memasang cermin antik berlapis emas. Pilih hanya satu atau dua aksesori mewah untuk menghadirkan suasana mewah tanpa berlebihan.

Baca juga: Waspada, Ini 4 Tanda Rayap Telah Menyerang dan Bersarang di Rumah

Rangkul keindahan era

Dalam interior bergaya Prancis, cantik tidak berarti sempurna. Orang Prancis menyambut karakter kayu tua, cat terkelupas, logam mengkilap, dan mengekspresikannya dalam dekorasi yang indah.

Berikan rumah Anda kesan sejarah dengan barang-barang yang menunjukkan usianya dengan anggun, seperti cermin yang usang atau lemari yang catnya sudah mengelupas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com