Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/10/2021, 17:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di mana pun Anda tinggal, baik rumah tapak, apartemen, komplek, maupun perkampungan, keamanan rumah menjadi hal utama demi memperoleh kenyaman tinggal.

Selain itu, memastikan keamanan di rumah juga dapat menghindari rumah dari risiko kejahatan seperti kemalingan. 

Baca juga: 7 Tips Menjaga Keamanan Listrik di Rumah

Sayangnya, banyak pemilik rumah yang lalai menjaga keamanan rumah, bahkan terkadang membuat kesalahan yang dapat mengancam keamanan rumah dan meningkatkan risiko kemalingan. 

Untuk menghindari hal itu, berikut ini lima hal yang dapat meningkatkan risiko rumah kemalingan seperti dilansir dari Family Handyman, Jumat (22/10/2021). 

Baca juga: 6 Warna Cat Eksterior yang Dapat Membantu Menjual Rumah 

Menyembunyikan kunci di luar rumah 

Banyak orang menyembunyikan kunci rumah di suatu tempat di luar atau halaman rumah. Mungkin ini dilakukan bila ada salah satu anggota keluarga yang keluar dan lupa membawa kucing serep. 

Sayangnya, sebagian besar pemilik rumah "menyembunyikan" kunci di tempat yang dekat dengan pintu atau area yang mudah ditemui pencuri seperti di bawah keset, pot tanaman, atau di bawah batu. 

Untuk itu, sebaiknya sembunyikan kunci jauh dari pintu atau rumah. Semakin jauh dari rumah, semakin baik. 

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah 

Barang berharga diletakkan terlihat dari jendela 

Selain langkah-langkah di luar rumah, pikirkan juga apa yang bisa dilihat di dalam rumah. Banyak pemilik rumah lupa bahwa jendela menjadi cara pencuri mengintai rumah. Pencuri akan mengintip barang-barang berharga yang ada di rumah lewat jendela.

Untuk itu, sembunyikan barang-barang berharga di area yang tidak bisa terlihat dari jendela seperti dalam lemari. Cara lain, jangan lupa menutup tirai setiap malam atau saat tidak berada di rumah. 

Baca juga: Panduan Keamanan Ketika Kamu Berniat Menyewa Apartemen

Ada kemasan benda berharga di tempat sampah luar rumah

Ketika membeli barang-barang berharga seperti handphone, laptop, atau televisi, banyak orang yang membuang kemasannya begitu saja di tempat sampah luar rumah.

Padahal, hal ini bisa memberi tahu bahwa ada barang mahal di rumah Anda sehingga memancing pencuri datang ke rumah atau orang berniat jahat.

Karena itu, gunting kemasan menjadi potongan-potongan kecil sehingga tidak menunjukkan isi kemasan tersebut.  

Baca juga: 7 Tips Menjaga Keamanan Kabel Listrik di Rumah

Semak terlalu dekat dengan rumah

Semak dan pohon di sisi rumah dapat memberi keteduhan dan kesegaran, tapi ternyata juga bisa mengundang pencuri datang ke rumah.

Pasalnya, semak ini bisa menjadi pencuri atau orang jahat mengintai atau bersumbunyi untuk memantau rumah Anda sebelum mereka masuk.

Untuk itu, sebaiknya pangkas semak dan pohon yang sudah tinggi atau lebat sehingga pencuri tidak bisa menjadikannya tempat persembunyian dan Anda bisa memantau ke luar rumah. 

Baca juga: 5 Langkah Memberikan Keamanan di Dalam Kamar Anak 

Mengunggah foto berlibur ke media sosial

Media sosial adalah salah satu cara untuk tetap berhubungan dengan teman dan berbagi pengalaman perjalanan dan foto. Namun, rupanya, ini juga bisa mengancam keamanan rumah.  

Ingatlah bahwa saluran media sosial dibangun sebagai platform publik. Karena itu, jangan membagikan rencana perjalanan Anda ke media sosial. Ini bisa mengundang pencuri datang ke rumah saat Anda sedang berlibur.

Untuk menghindari risiko ini, tunggu sampai Anda pulang ke rumah untuk membagi foto liburan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com