Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2021, 18:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Secara umum, kucing adalah hewan peliharaan yang sangat cerdas jika dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya.

Tidak terlalu sulit untuk mengidentifikasi kucing pintar—mereka dapat dilatih, berinteraksi dengan baik dengan hewan lain, dan dapat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru.

Meski begitu, ada sedikitnya 10 ras kucing paling pintar dan jadi unggulan karena kecerdasannya. Melansir dari The Spurce pada Kamis (21/10/2021) berikut ini daftar kucing paling cerdas.

Baca juga: Kenali, Ciri-ciri Kucing Mengalami Cacingan

Abyssinian

Kucing yang tampak ramping ini dikenal atletis, gesit, dan penyayang terhadap manusia. Abyssinians sangat cerdas dan sangat selaras dengan aktivitas keluarga mereka.

Trah ini menikmati ketinggian, bertengger di atas ruangan, mengawasi segalanya. Dari semua jenis kucing, kucing ini mempelajari trik dengan cepat dan menyukai segala kegiatan yang berhubungan dengan kelincahan.

Umumnya, mereka bukan kucing yang suka dipangku, dibelai, atau disisir. Mereka cenderung suka berinteraksi dengan kucing atau hewan lain dan dapat beradaptasi dengan baik.

Baca juga: 7 Cara Menunjukkan Cinta untuk Kucing Kesayangan

Balinese

Kucing Bali adalah versi berbulu panjang dari ras kucing siam. Mereka cenderung kucing aktif yang suka menyelidiki semua yang dilakukan manusia.

Mereka juga kucing yang cerewet, sering menyuarakan pendapat. Kucing ini akan tetap aktif Buat kucing ini tetap aktif dengan teka-teki atau mainan penggoda dan pohon kucing besar untuk memanjat.

Trah ini dapat belajar mengambil, berjalan dengan tali, dan menemukan trik dengan cepat. Mereka biasanya penuh kasih sayang dengan keluarganya, tetapi bisa menjadi nakal menjelajahi rumah jika dibiarkan di luar kandang terlalu lama.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Bombay, Si Hitam yang Menggemaskan

Benggala

Benggala dikenal sebagai seekor kucing yang memiliki bulu menyerupai jaguar atau macan tutul.

Trah ini berasal dari persilangan kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia. Benggala sangat cerdas, atletis, dan masih sedikit liar. Mereka suka berlari, melompat, memanjat, dan bermain.

Mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk berolahraga (terutama ruang vertikal) dan tantangan mental, seperti permainan puzzle dan mainan. Cakarnya yang gesit hampir sebagus tangan.

Beberapa dapat menyalakan dan mematikan lampu, mengambil ikan peliharaan dari akuarium, dan mengeluarkan barang-barang kecil dari laci.

Baca juga: Mengenal Ras Kucing Bombay, Si Hitam yang Menggemaskan

Burma

Ilustrasi kucing burmaINSTAGRAM/butters.mcmunchie Ilustrasi kucing burma

Burma adalah jenis yang energik dan ramah yang suka terlibat dengan orang-orangnya. Kucing-kucing ini pintar, mudah beradaptasi, suka bermain, dan dapat dilatih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com