Kompas.com - 21/10/2021, 16:40 WIB
Ilustrasi debu, membersihkan debu di rumah. SHUTTERSTOCK/VIPADALOVEYOUIlustrasi debu, membersihkan debu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu merupakan permasalahan cukup besar yang harus dihadapi setiap penghuni rumah setiap hari. Pasalnya, meski rumah sering dibersihkan, debu masih saja muncul dan mengotori rumah.

Debu yang muncul di rumah berasal dari kotoran, sel kulit mati, rambut, serat kain, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, serta polusi udara seperti abu kayu, bahan kimia, dan knalpot kendaraan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Cara Tepat Membersihkan Layar TV yang Penuh Debu

Tentu saja, keberadaan debu di rumah tak hanya membuat kotor, tapi juga mengganggu kesehatan, terlebih mereka yang memiliki alergi debu dan gangguan pernapasan seperti asma. 

Untuk itu, keberadaan debu di rumah harus segera diatasi. Meminimalkan jumlah debu di rumah dapat meningkatkan kualitas udara, kualitas hidup, dan membantu memperpanjang umur furnitur, benda, juga peralatan elektronik rumah tangga. 

Nah, melansir dari Bobvila, Kamis (21/10/2021), berikut ini tips menghilangkan debu di rumah agar lebih sehat dan bersih. 

Baca juga: Penyebab Debu Muncul Kembali Setelah Dibersihkan dan Cara Mengatasinya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersihkan karpet 

Karpet menyimpan banyak sekali debu dan melepaskannya ke udara setiap kali Anda melangkah. Untuk itu, penting untuk membersihkan karpet secara rutin.

Salah satu cara terbaik menghilangkan debu dan kotoran pada karpet adalah membawanya keluar dan memukul karpet menggunakan pemukul karpet seperti rotan, kawat, atau plastik.

Metode ini biasanya menghilangkan lebih banyak debu daripada menyedot debu.  

Baca juga: Debu Menumpuk di Rumah? Ini yang Harus Dilakukan

Bersihkan kain pelapis 

Menyedot debu pada kasur adalah salah satu cara membasmi tungau. SHUTTERSTOCK/QUALITY STOCK ARTS Menyedot debu pada kasur adalah salah satu cara membasmi tungau.
Menyedot debu tidak hanya untuk lantai. Seberapa sering Anda membersihkan gorden atau menyedot debu pada sofa atau kasur? 

Serat lembut di tempat-tempat ini menarik banyak debu. Anda bisa memilih untuk membersihkan debu dengan uap atau vakum kering.

Halaman:


Sumber Bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.