Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Ras Kucing Paling Cerdas

JAKARTA, KOMPAS.com- Secara umum, kucing adalah hewan peliharaan yang sangat cerdas jika dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya.

Tidak terlalu sulit untuk mengidentifikasi kucing pintar—mereka dapat dilatih, berinteraksi dengan baik dengan hewan lain, dan dapat beradaptasi dengan situasi dan lingkungan baru.

Meski begitu, ada sedikitnya 10 ras kucing paling pintar dan jadi unggulan karena kecerdasannya. Melansir dari The Spurce pada Kamis (21/10/2021) berikut ini daftar kucing paling cerdas.

Abyssinian

Kucing yang tampak ramping ini dikenal atletis, gesit, dan penyayang terhadap manusia. Abyssinians sangat cerdas dan sangat selaras dengan aktivitas keluarga mereka.

Trah ini menikmati ketinggian, bertengger di atas ruangan, mengawasi segalanya. Dari semua jenis kucing, kucing ini mempelajari trik dengan cepat dan menyukai segala kegiatan yang berhubungan dengan kelincahan.

Umumnya, mereka bukan kucing yang suka dipangku, dibelai, atau disisir. Mereka cenderung suka berinteraksi dengan kucing atau hewan lain dan dapat beradaptasi dengan baik.

Balinese

Kucing Bali adalah versi berbulu panjang dari ras kucing siam. Mereka cenderung kucing aktif yang suka menyelidiki semua yang dilakukan manusia.

Mereka juga kucing yang cerewet, sering menyuarakan pendapat. Kucing ini akan tetap aktif Buat kucing ini tetap aktif dengan teka-teki atau mainan penggoda dan pohon kucing besar untuk memanjat.

Trah ini dapat belajar mengambil, berjalan dengan tali, dan menemukan trik dengan cepat. Mereka biasanya penuh kasih sayang dengan keluarganya, tetapi bisa menjadi nakal menjelajahi rumah jika dibiarkan di luar kandang terlalu lama.

Benggala

Benggala dikenal sebagai seekor kucing yang memiliki bulu menyerupai jaguar atau macan tutul.

Trah ini berasal dari persilangan kucing domestik dengan kucing macan tutul Asia. Benggala sangat cerdas, atletis, dan masih sedikit liar. Mereka suka berlari, melompat, memanjat, dan bermain.

Mereka membutuhkan ruang yang cukup untuk berolahraga (terutama ruang vertikal) dan tantangan mental, seperti permainan puzzle dan mainan. Cakarnya yang gesit hampir sebagus tangan.

Beberapa dapat menyalakan dan mematikan lampu, mengambil ikan peliharaan dari akuarium, dan mengeluarkan barang-barang kecil dari laci.

Burma adalah jenis yang energik dan ramah yang suka terlibat dengan orang-orangnya. Kucing-kucing ini pintar, mudah beradaptasi, suka bermain, dan dapat dilatih.

Selain duduk, berguling, melambai, dan datang, jenis ini dapat mengambil mainan kecil atau berjalan dengan tali.

Dengan pengkondisian awal, perjalanan dengan mobil dan kunjungan dokter hewan akan sangat mudah. Mereka berkembang dalam sosialisasi dan lebih suka ditemani, termasuk hewan lain.

Cornish Rex

Kucing-kucing ini aktif dan ramah. Beberapa orang mengatakan bahwa mereka agak seperti anjing saat diajak berinteraksi.

Banyak kucing menikmati permainan mengambil atau melakukan trik seperti bermain piano. Jari kaki panjang kucing ini memungkinkannya membuka pintu dan lemari dengan mudah.

Makhluk sigap ini memiliki kemampuan luar biasa untuk melompat ke titik tertinggi di dalam ruangan. Ciri fisik paling unik dari Cornish rex adalah bulunya yang bergelombang.

Havana Brown

Havana Brown adalah kucing cantik dengan bulu halus berwarna cokelat. Ini adalah ras kucing yang relatif langka yang berasal dari persilangan Siam dengan beberapa ras lainnya.

Mereka adalah kucing yang cerdas, ingin tahu, dan cerewet yang suka bersosialisasi dengan keluarga mereka.

Mereka cukup energik dan lebih suka mainan interaktif seperti permainan asah dan teka-teki untuk menantang mereka secara mental dan fisik.

Korat

Korat merupakan nama sebuah provinsi di Thailand. Ini merupakan jenis kucing langka dan dianggap sebagai keberuntungan. Mereka sangat cerdas dan suka memperhatikan sekelilingnya.

Korats cukup energik, menikmati permainan interaktif, tetapi mereka juga menyukai tidur siang.

Trah ini dapat mempelajari trik, seperti bermain lempar tangkap dan berjalan dengan tali. Anda dapat dengan mudah mengajari kucing ini aturan rumah tangga jika Anda menghadiahinya dengan pujian atau suguhan.

Kucing ini menyukai mainannya, dan terkadang terlalu keras kepala untuk berbagi dengan orang lain.

Jika Anda memiliki banyak mainan, itu akan menyelesaikan masalah. Mereka berkembang dengan perhatian dan biasanya penuh kasih sayang dengan keluarganya.

Savannah

Savannah adalah jenis langka dan eksotis dengan kecerdasan tinggi. Dikembangkan dengan menyilangkan serval Afrika liar dengan kucing domestik, hibrida besar ini mempertahankan beberapa sisi liarnya dalam penampilan dan perilaku.

Mereka membutuhkan banyak ruang untuk berlari, melompat, dan bermain. Dan mereka cepat bosan; mereka membutuhkan interaksi yang cukup dan stimulasi lingkungan.

Trah ini akan berjalan-jalan dengan tali; mencari air untuk bermain; dan mengobrak-abrik sudut, laci, lemari, dan kotak.

Siam

Salah satu ras kucing paling populer dan terkenal di dunia ialah Siam. Ia diketahui memiliki bulu yang indah, rasa ingin tahu yang tinggi, dan kecenderungannya yang suka mengobrol. Kucing ini cerdas, penyayang, dan energik.

Mereka suka bermain dan mendambakan perhatian keluarga maupun pemiliknya. Buat otak kucing ini sibuk dengan teka-teki dan mainan asah.

Jika bisa, ambilkan pohon kucing besar untuk dipanjat; kucing ini akan menghargainya. Jika bosan, orang Siam akan menghibur dirinya sendiri dengan menyalakan keran, membuka lemari, atau mengobrak-abrik tempat yang tidak seharusnya.

Singapura

Sesuai namanya, Singapura berasal dari jalanan Singapura. Trah ini datang ke AS selama tahun 1970-an dan masih dianggap langka. Kucing kecil ini umumnya suka bermain, ramah, dan ingin tahu.

Dan mereka senang terlibat dengan apa yang dilakukan manusia mereka. Mereka agak aktif dan suka memanjat, jadi pastikan untuk menyediakan banyak ruang vertikal.

Kucing nakal ini akan memanjat tirai atau melompat ke bahu Anda saat Anda berjalan untuk naik. Mereka juga bisa mengejar bola kecil di lorong dan menggelitik gading juga.

 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/21/182500676/8-ras-kucing-paling-cerdas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke