Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Permasalahan yang Dihadapi Saat Mencuci Handuk dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 15/10/2021, 17:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci handuk terlihat pekerjaan yang sederhana, tapi sering kali handuk yang sudah dicuci menjadi kaku, bau, bahkan masih ada noda menempel. 

Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut? 

Melansir dari The Spruce, Jumat (15/10/2021), berikut ini sejumlah penyebab dan permasalahan saat mencuci handuk dan cara mengatasinya. 

Baca juga: Kenapa Handuk Terasa Keras dan Kasar Setelah Dicuci? Ini Solusinya 

Handuk berbau 

Handuk yang baru dicuci memiliki aroma yang harum. Namun, terkadang bau pada handuk bisa muncul kembali setelah digunakan mandi. 

Jika demikian, salah satu penyebabnya adalah mesin cuci yang tidak bersih sehingga kotoran tubuh serta bakteri yang menumpuk kembali ke permukaan handuk selama siklus pembilasan. 

Baca juga: 10 Kesalahan Mencuci Handuk yang Masih Sering Dilakukan

Untuk mengatasinya, mulailah membersihkan mesin cuci dengan baik. Penumpukan kotoran dan sisa detergen serta pelembut kain dapat terjadi pada mesin cuci bukaan atas.

Namun, paling umum terjadi pada mesin cuci bukaan depan yang menggunakan lebih sedikit air. Mesin cuci bukaan depan juga cenderung memiliki genangan air di dalam setelah siklus pencucian sehingga menyebabkan bau jamur berpindah ke kain penyerap yang tebal.

Setelah mesin cuci bersih, mulailah dengan mencuci handuk dalam siklus air panas, tetapi jangan menambahkan detergen apa pun. 

Baca juga: Trik Melembutkan Tekstur Handuk seperti Baru Kembali

Sebagai gantinya, tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke beban cucian. Cuka  membantu menghilangkan penumpukan detergen, kotoran tubuh, dan pelembut kain yang tersangkut pada kain.

Selesaikan proses dengan pencucian kedua dalam air panas dengan detergen, tetapi jangan tambahkan pelembut kain apa pun. Ini akan membuat handuk kembali harum dan bersih, bahkan saat lembap. 

Baca juga: Cara Mencuci Handuk yang Benar agar Tahan Lama 

Handuk tidak menyerap

Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi
Jika handuk tidak menyerap seperti dulu, penyebabnya adalah pelembut kain yang menumpuk. 

Untuk membuat handuk kembali menyerap, cuci handuk dengan air panas, detergen, dan tambahkan satu cangkir cuka putih suling ke siklus bilas.

Cuka membantu menghilangkan penumpukan residu dan membuat handuk kembali lembut serta menyerap secara alami.

Saat membeli handuk, carilah bahan katun 100 persen combed atau ring-spun. Bahan ini akan lebih menyerap dan tahan lama dibanding material lainnya. 

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Mencuci Handuk Secara Teratur 

Noda abu-abu pada handuk 

Jika noda lingkaran abu-abu muncul pada handuk, penyebabnya adalah sabun mandi yang digunakan. Merek tertentu, terutama sabun "alami", sabun mandi, atau sabun cair, bereaksi dengan beberapa jenis air dan meninggalkan residu pada kain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com