Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dekorasi Ruang Kerja yang Nyaman dan Produktif

Kompas.com - 13/09/2021, 14:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang kerja di rumah adalah tempat yang harus menginspirasi aliran kreativitas dan memberi ketenangan saat bekerja sehingga bisa meningkatkan produktivitas. 

Namun, faktanya, ruang kerja justru menjadi ruang yang paling terabaikan di rumah. Lingkungan yang berantakan dan tidak ramah untuk inspirasi mengakibatkan sejumlah orang enggan bekerja di dalamnya. 

Untuk membantu Anda membuat dan memperbarui ruang kerja, para ahli desainer hingga blogger membagi ide dekorasi ruangan kerja yang nyaman dan produktif dilansir dari Real Simple, Senin (13/9/2021).

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Kerja Berdasarkan Zodiak

Dekorasi secantik mungkin

Ruang kerja harus menginspirasi dan mencerminkan kepribadian unik Anda. Jadi, jangan takut mendekorasinya semaksimal mungkin.

"Kami ingin merancang ruang yang modis, fungsional, dan mencerminkan kepribadian pemilik rumah," kata Leura Fine, CEO dan Pendiri Laurel & Wolf. 

Baca juga: 4 Inspirasi Ruang Kerja yang Nyaman dan Menarik 

Misalnya saja. Leura mengecat dinding aksen hitam untuk menambahkan beberapa drama dan kedalaman ke ruang kerja milik Desi Perkins. Ia juga menambahkan lampu gantung di atas meja untuk memberikan sedikit kemewahan dan glamour

Salah satu cara mempercantik ruang kerja di rumah adalah dengan menyegarkan pencahayaan Anda. Lampu gantung yang eye catching dengan detail emas akan memberikan kesan mewah, tetapi tetap profesional pada ruangan.  

Baca juga: 5 Pengaturan Cahaya di Ruang Kerja agar Makin Produktif Saat WFH 

Tambahkan tanaman

Berikan beberapa kehidupan dan kesegaran ke dalam ruang kerja sehingga membuat ingin tinggal lebih lama.

"Saya mencoba memastikan kantor rumah seimbang yang praktis, ergonomis, nyaman, dan bersih. Jika elemen-elemen ini tidak ada, saya tahu saya akan berakhir bekerja di meja dapur," ucap Niki Brantmark, penulis dan pendiri My Scandinavian Home.  

Tanaman yang indah dapat membantu memberi rasa tenang, udaranya bersih, serta keindahan. "Saya suka tanaman snake plant (lidah mertua) atau ZZ. Keduanya terlihat bagus, dapat membersihkan udara, dan perawatannya rendah," ucap Brantmark. 

Baca juga: 7 Tren Ruang Kerja di Rumah yang Sudah Kuno Menurut Desainer 

 

Gunakan karpet

Selanjutnya, ide dekorasi ruang kerja yang nyaman dan produktif adalah menggunakan karpet pada ruangan. Lapisi ruang kerja dengan karpet area warna-warni untuk menambah daya tarik visual dan menyerap suara sehingga menenangkan. 

"Karpet multiwarna menghadirkan warna lain yang menonjolkan warna peach dan hijau dengan baik. Namun, Anda juga bisa membuat karpet abu-abu netral dengan kombinasi warna-warni," ujar Joy Cho, pendiri & Direktur Kreatif Oh Joy. 

Selain itu, Joy menyarankan mempertahankan furnitur sederhana dan bersih agar lebih ramping, lalu tambahkan beberapa dedaunan hijau untuk memberi ruangan bertekstur. 

Baca juga: Pentingnya Ruang Terbuka dan Ventilasi di Ruang Kerja 

Warna yang sama

Untuk ruang kerja, sebaiknya memilih warna yang berbicara kepada Anda, bukan yang trendi.

"Saya menemukan warna biru stone dari Farrow & Ball ini memberikan latar belakang yang sempurna untuk pekerjaan sehari-hari yang produktif," ucap Emily Murray, pendiri & Editor di The Pink House. 

Untuk warna, sebaiknya mengecat dinding, rak, dan langit-langit ruang kerja dengan satu warna agar membuat ruangan terasa lebih luas. Bekerja di lingkungan yang penuh warna dapat membuat Anda lebih terinspirasi untuk bekerja di ruang kerja.  

Baca juga: Simak, 7 Tren Dekorasi Ruang Kerja yang Sudah Ketinggalan Zaman 

Biarkan cahaya masuk

Terakhir, ide dekorasi ruangan kerja yang nyaman dan produktif adalah tetap terhubung dengan alam luar yang menyenangkan.

"Cahaya alami membuat ruang terasa lebih besar—yang selalu menjadi nilai tambah di ruang kecil. Ini memungkinkan cahaya yang cukup untuk memberi makan pada tanaman," tutur Hayley Francis, pendiri dan blogger di Neon Doves

Jika Anda memiliki ruang kerja yang juga berfungsi sebagai ruang ganti/walk-in closet, tempelkan film buram non-perekat ke jendela untuk memungkinkan sinar matahari masuk ke ruangan sambil tetap menjaga privasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com