Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2021, 23:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, AC menjadi salah satu peralatan elektronik penting di rumah, terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah beriklim cukup panas.

AC bisa digunakan untuk setiap anggota keluarga di rumah, termasuk bayi. Meski begitu, suhu AC perlu disesuaikan untuk bayi agar tidak kedinginan dan menyebabkan sakit. 

Baca juga: AC Tidak Bisa Dihidupkan dengan Remote? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (3/9/2021), perlu diketahui bahwa suhu ACuntuk bayi tidak boleh terlalu dingin. 

Suhu AC yang ideal pada kamar tidur atau sebuah ruangan yang terdapat bayi adalah sekitar 23-25 derajat Celsius. Suhu ini dinilai aman dan tidak terlalu dingin atau panas.

Namun, bayi juga perlu mengenakan pakaian berbahan katun dan diberi selimut tipis yang nyaman serta bisa menyerap keringat saat menggunakan AC. 

Baca juga: Trik Mendinginkan Ruangan Tanpa Menyalakan AC

Sementara itu, suhu AC ideal untuk bayi yang baru lahir sebaiknya sekitar 18-20 derajat Celsius. Akan tetapi, suhu ini berlaku jika bayi sedang dalam keadaan dibedong atau mengenakan baju tidur panjang dan kaos kaki.

Untuk kamar tidur yang diisi bayi, unit AC perlu diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak meniup langsung ke ranjang si Kecil.

Idealnya memposisikan sistem split ke kiri atau kanan di ranjang daripada menghadap ke dinding yang berlawanan. 

Baca juga: 3 Manfaat Penting Membersihkan dan Merawat AC

Tips saat menyalakan AC di sebuah ruangan

Saat menyalakan AC di sebuah ruangan atau kamar tidur, kamu bisa menyalakan air purifier untuk menjaga udara ruangan tetap lembap, bersih, dan bebas debu.

Untuk menjauhi dampak buruk, AC perlu rutin dibersihkan, maksimal tiga bulan sekali. Pastikan ruangan yang dipasang AC memiliki ventilasi baik agar sirkulasi udara dapat terjaga. 

Baca juga: 10 Tanda AC Tidak Bekerja dengan Baik

Manfaat AC di kamar tidur bayi 

Bayi sangat rentan terhadap panas berlebih karena mereka tidak dapat menyesuaikan suhu tubuh dengan cara yang sama seperti orang dewasa.

Panas yang berlebihan ini membuat bayi lebih rentan terhadap ruam panas, kelelahan, bahkan sengatan panas (heat stroke). 

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Menyalakan AC Sepanjang Hari atau Seperlunya?

Beberapa dokter anak telah sepakat bahwa kamar tidur ber-AC dapat mengurangi risiko Sudden Infant Death Sydrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi berusia di bawah satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com