Kompas.com - 03/09/2021, 15:17 WIB
Ilustrasi tanaman herbal. PIXABAY/OLGAOFDGIlustrasi tanaman herbal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias bunga dan daun, tanaman herbal juga bisa menjadi pilihan untuk menanam ragam tanaman di rumah. Seperti lavender yang memberi ketenangan dan chamomile yang melindungi dari alergi. 

Melansir dari Country Living, Jumat (3/9/2021), untuk menanam berbagai tanaman herbal, Anda hanya membutuhkan lahan kecil yang memiliki cukup sinar matahari dan air.

Baca juga: Simak, Begini Cara Menanam Rosemary, Tanaman Herbal yang Harum 

Lantas, tanaman herbal apa saja yang dapat ditanam di rumah? Nah, berikut ini ragam tanaman herbal yang dapat ditanam di rumah beserta manfaatnya.

Tanaman pehilang rasa sakit

  • Feverfew 

Tanaman ini adalah ramuan obat tradisional yang biasa digunakan untuk mencegah migrain dan sakit kepala. Ini juga dikenal sebagai "aspirin abad pertengahan" dan sering dikeringkan untuk digunakan dalam pengobatan.  

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Insektisida untuk Tanaman Herbal

Ada banyak manfaat kesehatan yang dimiliki kunyit seperti mencegah penyakit jantung, alzheimer, dan kanker.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Rosemary

Tanaman ini dikenal karena aroma bunga dan nilai masakannya, tetapi juga mempunyai banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan pencernaan serta meningkatkan memori dan konsentrasi. 

Baca juga: 6 Tanaman Herbal Ini Mampu Redakan Sakit Kepala 

Mengatasi alergi

  • Basil

Tanaman ini mengandung sifat antibakteri yang berfungsi menangkal bakteri dan kuman di mulut. Kultivar ampuh ini dianggap bisa membantu melawan nyeri sendi dan kecemasan. 

  • Chamomile 

Tanaman ini bagus mengatasi gangguan pencernaan dan iritasi kulit. Chamomile juga dapat digunakan membantu tidur seperti minum teh chamomile sebelum tidur. Ini juga telah terbukti memiliki antihistamin alami yang kuat. 

Baca juga: Cara Mengharumkan Ruangan dengan Tanaman Herbal

  • Peterseli 

Peterseli baik untuk kesehatan tulang, mencegah risiko kanker, dan efektif mengendalikan peradangan alergi. Tanaman juga sangat mudah tumbuh, yakni cukup taburkan benih di atas tanah dan semprotkan dengan air. 

Mengatasi gangguan tidur

Terkadang ada beberapa orang yang mengalami kesulitan tidur. Dengan meletakkan beberapa tanaman ini di kamar tidur, dapat membantu Anda tidur dan bisa tertidur nyenyak.  

Baca juga: Cara Menanam Sayuran dan Tanaman Herbal di Lahan Terbatas

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.