Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik, Menyalakan AC Sepanjang Hari atau Seperlunya?

Kompas.com - 19/08/2021, 15:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang mampu mendinginkan ruangan, AC banyak digunakan orang pada hari-hari panas. 

Sebagian orang akan menjalankan unit AC sepanjang hari dan beberapa di antaranya menjalankannya seperlunya saja. Lantas, cara mana yang sebenarnya lebih baik dalam menggunakan AC? 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab AC Membeku

Menurut Jennifer Thorne Amann, Direktur Program Bangunan untuk American Council for a Energy-Efficient Economy (ACEEE), menghidupkan dan mematikan AC mungkin tampak seperti membuang-buang energi, tetapi hal tersebut sebenarnya menghemat cukup banyak uang. 

"Sistem pendingin udara bekerja paling efisien saat beroperasi. Jadi, meski unit Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak suara, awalnya telah mendinginkan ruangan dari 26-23 derajat Celsius. Bekerja sepanjang hari dengan kecepatan lebih rendah membutuhkan lebih banyak energi secara keseluruhan," kata Amann dilansir dari Good House Keeping, Kamis (19/8/2021). 

Baca juga: 4 Cara Alami Mendinginkan Rumah Tanpa AC Saat Cuaca Panas

Selain itu, apabila memiliki udara sentral atau unit jendela dengan termostat, Anda juga dapat menghemat energi dengan menyetel termostat sedikit lebih tinggi.

ACEEE memperkirakan bahwa AC menggunakan energi tiga hingga lima persen lebih sedikit untuk setiap derajat Anda menaikkan termostat.

Baca juga: Pengaruh AC pada Kesehatan dan Siklus Tidur Menurut Ahli 

Untuk semakin menghemat energi, setel termostat pada suhu 25 derajat Celsius atau lebih tinggi saat keluar rumah.

Berikut adalah beberapa cara lain menghemat penggunaan AC saat musim panas.

Tanam beberapa tanaman 

Semak atau tanaman besar dan rindang yang ditanam di sisi selatan dan barat rumah dapat mengurangi perolehan panas pada siang hari.  

Baca juga: 6 Cara Menghemat Energi Saat Menggunakan AC di Rumah

Buka jendela

Anda dapat memperoleh angin sepoi-sepoi di rumah dengan membuka satu atau dua jendela. Jika tinggal di rumah berlantai dua, buka jendela di lantai satu dan jendela lain di lantai atas di seberang ruangan.

Bereksperimenlah untuk melihat jendela mana yang bekerja paling baik dan seberapa banyak Anda harus membukanya. 

Baca juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Lebih Dingin dan Hemat Energi

Gunakan kipas plafon 

Meski tidak bisa mendinginkan ruangan, menggunakan kipas langit-langit atau plafon dapat memberikan sedikit angin sejuk di dalam ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com