Kompas.com - 19/08/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi AC. SHUTTERSTOCK/NAYPONG STUDIOIlustrasi AC.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang mampu mendinginkan ruangan, AC banyak digunakan orang pada hari-hari panas. 

Sebagian orang akan menjalankan unit AC sepanjang hari dan beberapa di antaranya menjalankannya seperlunya saja. Lantas, cara mana yang sebenarnya lebih baik dalam menggunakan AC? 

Baca juga: Catat, Ini 5 Penyebab AC Membeku

Menurut Jennifer Thorne Amann, Direktur Program Bangunan untuk American Council for a Energy-Efficient Economy (ACEEE), menghidupkan dan mematikan AC mungkin tampak seperti membuang-buang energi, tetapi hal tersebut sebenarnya menghemat cukup banyak uang. 

"Sistem pendingin udara bekerja paling efisien saat beroperasi. Jadi, meski unit Anda mungkin mengeluarkan lebih banyak suara, awalnya telah mendinginkan ruangan dari 26-23 derajat Celsius. Bekerja sepanjang hari dengan kecepatan lebih rendah membutuhkan lebih banyak energi secara keseluruhan," kata Amann dilansir dari Good House Keeping, Kamis (19/8/2021). 

Baca juga: 4 Cara Alami Mendinginkan Rumah Tanpa AC Saat Cuaca Panas

Selain itu, apabila memiliki udara sentral atau unit jendela dengan termostat, Anda juga dapat menghemat energi dengan menyetel termostat sedikit lebih tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ACEEE memperkirakan bahwa AC menggunakan energi tiga hingga lima persen lebih sedikit untuk setiap derajat Anda menaikkan termostat.

Baca juga: Pengaruh AC pada Kesehatan dan Siklus Tidur Menurut Ahli 

Untuk semakin menghemat energi, setel termostat pada suhu 25 derajat Celsius atau lebih tinggi saat keluar rumah.

Berikut adalah beberapa cara lain menghemat penggunaan AC saat musim panas.

Tanam beberapa tanaman 

Semak atau tanaman besar dan rindang yang ditanam di sisi selatan dan barat rumah dapat mengurangi perolehan panas pada siang hari.  

Baca juga: 6 Cara Menghemat Energi Saat Menggunakan AC di Rumah

Buka jendela

Anda dapat memperoleh angin sepoi-sepoi di rumah dengan membuka satu atau dua jendela. Jika tinggal di rumah berlantai dua, buka jendela di lantai satu dan jendela lain di lantai atas di seberang ruangan.

Bereksperimenlah untuk melihat jendela mana yang bekerja paling baik dan seberapa banyak Anda harus membukanya. 

Baca juga: Cara Mengatur Suhu AC agar Lebih Dingin dan Hemat Energi

Gunakan kipas plafon 

Meski tidak bisa mendinginkan ruangan, menggunakan kipas langit-langit atau plafon dapat memberikan sedikit angin sejuk di dalam ruangan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.