Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2021, 22:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk melakukan kegiatan di rumah dengan mengedepankan gaya hidup sehat.

Hal ini juga disampaikan M. Nawawi, Direktur Marketing & Sales Paramount Land, dalam live webinar bertajuk "Hidup Sehat di Rumah Sehat" yang diadakan pada Jumat (3/9/2021).

Nawawi mengatakan, sejak satu setengah tahun pandemi, cara pandang masyarakat dalam membeli rumah berubah. 

Baca juga: Ide dan Tips Mengubah Suasana Rumah agar Lebih Nyaman Saat Pandemi

Jika sebelumnya calon pembeli mencari rumah dengan pertimbangan keindahan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan, kini paling memprioritaskan kesehatan. 

Nawawi menambahkan, ketika semua orang banyak berkegiatan di dalam rumah, peran rumah yang sehat juga menjadi faktor pendukungnya.

Lantas, apa yang disebut dengan konsep rumah sehat? 

Baca juga: 5 Tren Cat Dinding yang Bikin Rumah Tampak Sempit

Aryo T Ananto, Direktur Paramount Land, menyampaikan rumah yang sehat harus memenuhi beberapa faktor seperti berikut ini: 

Ruangan cukup memadai 

Rumah yang sehat bisa dikatakan jika ruangan di dalamnya cukup memadai. Artinya, tidak terlalu sempit untuk berkegiatan sehari-hari. 

Memasukkan tiga unsur alam 

Selain itu, rumah sehat harus memasukkan tiga unsur alam, yakni sinar matahari, udara, dan air bersih. Rumah harus mendapatkan sinar matahari, udara bersih, serta air bersih.  

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Bisa Membantu Penjualan Rumah Lebih Cepat

Desain yang sesuai

Aryo menjelaskan, rumah yang sehat harus memiliki desain yang baik dan sesuai. Salah satunya, rumah harus memiliki satu ruangan sebagai ruang bertemu seluruh anggota keluarga satu dengan lainnya. 

Rasa aman 

Rumah yang sehat harus memiliki rasa aman, baik di dalam maupun di luar rumah. 

Akses fasilitas 

Di tengah kondisi pandemi, Aryo menyatakan, jika rumah yang sehat juga harus memiliki  jarak yang dekat dengan fasilitas kesehatan seperti apotek atau rumah sakit.  

Baca juga: 11 Tips Sukses Mendekorasi Rumah Minimalis

Ventilasi dan kamar tambahan

Sementara itu, dokter Widya Murni, Master of Nutritional Medicine di Seraphim Medical Center, menjelaskan, kriteria lainnya dari rumah yang sehat adalah adanya ventilasi udara yang dapat menyalurkan paparan sinar matahari setiap harinya.

"Selain itu, pada masa pandemi Covid-19 ini, di dalam rumah, harus ada kamar tambahan. Kamar ini dapat dimanfaatkan ketika ada salah satu anggota keluaga terinfeksi Covid-19 dan dapat menjadi tempat isolasi mandiri," ucap Widya. 

Baca juga: Tips Mengusir Laba-laba dari Rumah

Tak hanya itu, dokter Dasaad Mulijono, Interventional Cardiologist di Rumah Sakit Bethsaida, menambahkan, sebaiknya rumah juga memiliki satu tempat untuk berolahraga. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com