Kompas.com - 03/09/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi kombinasi warna cat dinding di rumah. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICAIlustrasi kombinasi warna cat dinding di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda tentu ingin membuat rumah yang ditempati terasa hangat dan nyaman. Namun, jika Anda tinggal di rumah kecil, Anda harus melakukan sejumlah trik dan penyesuaian agar rumah terasa luas.

Kecuali Anda bersedia melakukan renovasi besar-besaran, tidak ada cara mudah untuk membuat rumah rumah lebih luas. Namun ada beberapa trik desain sederhana yang dapat diterapkan.

Nah, jika Anda mencoba membuat rumah terasa lebih besar, pertimbangkan untuk melewatkan tren cat dinding ini yang menurut para ahli rumah dapat membuat rumah tampak sempit, seperti dikutip dari Apartment Therapy, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Pilihan Warna Cat yang Bisa Membantu Penjualan Rumah Lebih Cepat

1. Menggunakan warna cerah yang meriah

Jika Anda menginginkan ruangan yang terasa besar dan terbuka, maka hindari warna-warna cerah seperti merah, ungu, hijau, atau oranye, kata Leia Ward, pendiri dan pemilik LTW Design, perusahaan desain dan pementasan di Connecticut, AS.

“Warna yang kuat atau cerah akan membuat ruang Anda terasa lebih kecil, dan dinding terasa lebih dekat dan lebih tertutup,” kata Ward.

2. Warna kontras

Tindakan sederhana mengecat dinding dengan warna yang berbeda dari langit-langit dapat membuat ruang terasa lebih kecil. Itulah sebabnya Ward adalah penggemar berat cat putih, untuk dinding, langit-langit, dan segala sesuatu di antaranya.

“Dengan mengecat dinding dan langit-langit dengan warna yang sama, Anda menciptakan pengalaman tanpa batas untuk mata,” jelas Ward.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Warna Cat yang Mengandung Banyak Timbal

Menurut dia, terapkan estetika desain yang berpusat pada tekstur berlapis, garis bersih, dan warna netral yang berani.

3. Warna kusen dan lantai

Jangan lupa untuk mempertimbangkan warna cat kusen jendela, pintu, dan lantai rumah Anda.

“Mengecat kusen dengan warna selain putih, atau membiarkannya bernuansa kayu, akan membuat ruang Anda terasa lebih kecil. Jika dicat dengan warna yang dalam, itu menarik perhatian dan berfokus pada dimensi kecil dari ruang itu," terang Ward.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.