Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Furnitur di Ruang Tamu Berbentuk Persegi Panjang

Kompas.com - 12/08/2021, 12:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu atau ruang keluarga yang memiliki bentuk panjang dan sempit bisa menjadi sebuah tantangan saat mendekorasi serta menata furnitur di dalamnya.

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (12/8/2021) dengan beberapa penyesuaian tata letak dan beberapa trik visual, Anda dapat memberikan nuansa yang luas di dalam ruangan tersebut.

Berikut adalah lima cara untuk menata ruang tamu yang panjang dan sempit.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Serba Putih, Cantik dan Tak Lekang Zaman

1. Buat zona terpisah

Tanpa disadari, ruang tamu persegi panjang atau bentuk memanjang merupakan ruangan yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka.

Alih-alih memiliki satu ruang tamu yang lebih besar tetapi canggung, mengapa tidak membuat ruang tamu yang lebih kecil, ditambah ruang kerja, ruang belajar, atau sudut sarapan?

Anda dapat meletakkan sofa kecil dan TV agar tidak membebani ruangan, kemudian ditambah sudut percakanan seperti ruang kerja yang nyaman lengkap dengan rak buku. Anda juga dapat membuat zona area terpisah ini dengan karpet, lampu, atau warna yang berbeda antara ruang tamu dan ruang kerja.

2. Pengelompokan furnitur

Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari semua furnitur Anda berada di satu sisi dinding yang panjang. Hal ini menghindari ruangan terlihat seperti lorong panjang.

Baca juga: Tips Memilih Lampu Hias untuk Ruang Tamu

Alih-alih meletakkan furnitur di satu sisi dinding, Anda dapat membuat pengelompokan, misalnya di sisi kanan diletakkan sofa panjang kemudian di sisi lainnya diletakkan kursi berlengan.

3. Bagi dua bagian

Untuk menata ruang tamu panjang dan sempit, Anda dapat membagia dua bagian ruangan menjadi lebar yang sama. Daripada meletakkan sofa di dinding yang lebih panjang, Anda dapat meletakkan sofa di bagian yang lebar.

Kemudian, letakkan furnitur lainnya di sisi yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com