Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Menata Furnitur di Ruang Tamu agar Tampak Rapi dan Seimbang

Kompas.com - 22/07/2021, 15:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara termudah memperbarui atau meningkatkan tampilan sebuah ruangan adalah cukup mengatur ulang furnitur.

Seperti dilansir dari Love to Know, Kamis (22/7/2021), penataan furnitur yang tidak seimbang dapat membuat ruangan tidak menarik secara visual serta mengganggu arus lalu lintas atau fungsi furnitur lain di ruangan.

Berikut cara menata furnitur di ruang tamu agar terlihat rapi dan seimbang.  

Baca juga: Mau Beli Furnitur untuk Rumah Baru? Simak Tips Berikut Ini 

Pengelompokan tatap muka 

Untuk tata letak pertama, Anda dapat meletakkan dua sofa saling berhadapan, dua kursi lainnya saling berhadapan, serta televisi menjadi titik fokusnya.

Perhatikan bahwa di antara kursi dan sofa tersebut harus memiliki meja. Kemudian, meletakkan lampu di samping kursi sebagai pencahayaan tambahan dan karpet di tengah furnitur tersebut. 

Baca juga: Mau Beli Furnitur dan Aksesoris Rumah? Bisa Coba Jastip 

Pengelompokan berbentuk U 

Memindahkan sofa dari dinding dan menempatkan meja di belakangnya bisa membantu menentukan area percakapan sambil menyediakan jalan setapak di belakangnya.

Setelah itu, letakkan meja kopi di ujung sofa sehingga memberikan ruang untuk bergerak di antara sofa tersebut. Sama dengan tata letak sebelumnya, televisi menjadi titik fokus utama yang diletakkan di depan sofa tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Furnitur Kayu dari Berbagai Noda 

Diagonal 

Tata letak diagonal bisa menjadi pilihan pada denah lantai terbuka seperti ruang tamu dan dapur yang dijadikan satu.

Anda dapat meletakkan kursi dan sofa secara diagonal mengarah ke arah sofa lainnya. Dengan tata letak seperti ini, Anda dapat memberikan ruang luas di antara sofa sehingga memberikan kesan lebih lapang. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Furnitur Murah Jadi Terlihat Mahal dan Mewah 

Simetris 

Tempatkan dua kursi menghadap ke televisi sebagai titik fokus ruangan, lalu sandingkan dengan dua sofa kecil yang berhadapan.

Letakkan meja kopi di antara furnitur tersebut dan lampu lantai pada sudut ruangan agar menyeimbangkan ruangan. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengganti Furnitur

Kunci penempatan furnitur yang baik 

Saat menata furnitur di ruang tamu, bentuk harus selalu mengikuti fungsi. Selain itu, menjaga keseimbangan ruangan dengan memadukan benda padat dan berat dengan furnitur ringan serta besar.

Setelah menempatkan potongan yang lebih besar di ruangan, isi ruang kosong dengan aksesori seperti tanaman hias. Aksesori dapat membantu pengaturan furnitur yang berat sambil meningkatkan suasana kehangatan dan karakter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com