Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Lantai Rumah

Kompas.com - 11/08/2021, 10:15 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia konstruksi, lantai memainkan peran besar dalam mendesain sekaligus mendekorasi tampilan sebuah rumah

Entah itu, lantai yang terbuat dari marmer, keramik, hingga kayu antik semuanya dapat mengubah dekorasi rumah secara keseluruhan. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Granit vs Keramik untuk Lantai Rumah

Namun, hal paling penting adalah memilih jenis dan material lantai yang tepat agar sesuai dengan lingkungan, iklim, serta aktivitas dan gaya hidup penghuni rumah.

Dilansir dari laman Times of India, Rabu (11/8/2021), ada lima hal yang harus diperhatikan sebelum memilih lantai rumah

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membeli Lantai Rumah

Lalu lintas di rumah

Beberapa area di rumah pasti ada yang memiliki lalu lintas tinggi atau lebih sering dilalui orang seperti ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi.

Maka itu, kamu harus mempertimbangkan bahan yang tahan lama dan serbaguna untuk area tersebut. Selain itu, bagian-bagian ini juga membutuhkan pembersihan ekstensif lebih dari biasanya atau area lainnya. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Lantai Rumah yang Aman untuk Hewan Peliharaan

Daya tahan

Lantai kayu terlihat sangat berkelas, tetapi keramik dapat tahan lama. Umur penggunaan keramik jauh lebih lama daripada material lantai lainnya.

Area rumah yang memiliki lalu lintas tinggi membutuhkan bahan yang lebih keras. Lantai kamar mandi dan dapur harus menggunakan lantai yang kedap air untuk menahan tumpahan serta kelembapan. 

Baca juga: 6 Jenis Keramik yang Banyak Digunakan untuk Lantai Rumah

Ukuran ruangan

Ukuran ruangan juga memainkan peran utama dalam menentukan material dan jenis lantai di rumah. Ruangan yang lebih besar membutuhkan perawatan ekstra, terutama jika ada furnitur berukuran besar.

Material lantai dengan perawatan rendah menjadi pilihan yang baik. Sedangkan, pada ruangan yang lebih kecil, warna yang lebih terang atau material lantai yang moderat dapat dengan mudah dipilih untuk membuat ruangan terasa luas. 

Baca juga: 5 Tanda Lantai Kamar Mandi Harus Diganti

Pilih lantai yang tahan lama

Pilih lantai yang bisa digunakan hingga beberapa tahun ke depan atau tahan lama. Lantai juga harus dapat menahan noda, cuaca ekstrem, dan pengecatan ulang. 

Kamu harus menyediakan opsi perubahan hingga lima tahun ke depan sehingga lantai rumah dapat menerima perubahan atau dekorasi baru.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan apakah lantai tersebut menjadi pilihan yang tepat atau untuk anak-anak dan hewan peliharaan. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Lantai Dapur Terbaik untuk Tampilan Segar dan Nyaman

Upaya pemeliharaan

Jangan memilih material lantai hanya karena terlihat luar biasa dan mewah. Selalu ingat persyaratan perawatan lantai.

Jika membutuhkan perawatan tinggi, apakah kamu dapat mencurahkan waktu dan uang untuk melakukannya?

Untuk itu, sebelum membelinya, ketahuilah tentang semua detail jenis dan material lantai yang akan digunakan untuk rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com