Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Kucing Sedunia dan Bagaimana Merayakannya

Kompas.com - 08/08/2021, 17:22 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Kucing adalah mamalia berbulu dengan empat kaki, ekor, dan cakar, yang telah dijinakkan manusia sebagai hewan peliharaan sejak zaman kuno.

Awalnya, kucing berasal dari Kucing Liar Afrika dan mereka biasa menangkap hama serta hidup dengan berburu.

Catatan sejarah manusia pertama tentang kucing dapat ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno.

Kita semua tampaknya menghubungkan kucing dengan orang Mesir, karena pemujaan dan pertimbangan mereka terhadap kucing sebagai dewa.

Baca juga: Ajakan untuk Lebih Dekat dengan Si Meong di Hari Kucing Sedunia 2021

Mafdet adalah dewa kucing pertama yang dikenal dan dianggap sebagai pelindung terhadap ular, kalajengking, dan kejahatan selama Dinasti Pertama, jadi bagi mereka, kucing bukan hanya dewa, tetapi juga pelindung.

Belakangan, setelah Dinasti Mesir runtuh, Kucing menjadi populer di mana-mana. Orang Yunani dan Romawi menggunakannya sebagai pengendalian hama, dan di Timur, kucing pada awalnya dimiliki oleh orang kaya dan kaya.

Tapi selama Abad Pertengahan, di Eropa, Kucing dikaitkan dengan takhayul dan dicurigai membawa penyakit selama Black Death 1348, itulah alasan mengapa terlalu banyak kucing terbunuh di era itu, dan baru pada tahun 1600-an reputasi kucing mulai pulih.

Seperti dilansir dari National Today, Minggu (8/8/2021), di Amerika, kucing adalah bagian dari kargo di kapal kolonisasi untuk meminimalkan hama dan penyakit, sehingga kucing-kucing itu pergi ke darat dan berkembang biak.

Saat ini, kucing tampaknya menjadi salah satu ikon pop di masyarakat modern. Kita memiliki sekitar setengah miliar di antara kita. Dan, sejak 2002, berkat “Dana Internasional untuk Kesejahteraan Hewan”, kucing memiliki hari peringatannya sendiri.

Baca juga: Alasan Kucing Sangat Suka Duduk di Pangkuanmu

Sejarah Hari Kucing Internasional

Hari Kucing Internasional adalah 24 jam penuh pengakuan dan hari memanjakan salah satu hewan peliharaan tertua dan paling dicintai umat manusia.

Perayaan itu diadakan untuk pertama kalinya pada tahun 2002 oleh International Fund for

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com