Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Paduan Warna Klasik yang Cocok untuk Segala Ruangan

Kompas.com - 29/07/2021, 10:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa kombinasi warna yang selalu menjadi paduan klasik dan selalu terlihat bergaya serta tak lekang zaman.

Tentu saja, itu tidak berarti bahwa ini adalah satu-satunya kombinasi warna yang dapat Anda bawa ke rumah untuk tampilan yang bertahan lama.

"Langkah pertama yang paling penting adalah mempertimbangkan tampilan dan nuansa ruang yang Anda inginkan. Berenergi dan eklektik? Menenangkan dan tentram? Santai dan kasual? Ini dapat membantu Anda menentukan jenis warna yang perlu dipertimbangkan," kata Erika Woelfel, wakil presiden warna dan layanan kreatif di Behr seperti dilansir dari Martha Stewart, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: 5 Ide Memasukkan Warna Biru ke Kamar Tidur

Setelah memilih warna dasar, Woelfel merekomendasikan untuk memilih warna yang memiliki nuansa yang sama untuk tampilan yang mulus secara instan.

"Ini bisa berarti menggunakan pendekatan monokrom modern dengan berbagai nuansa warna yang sama, atau memilih warna pelengkap. Pilihan ada di tangan Anda," ujarnya.

Berikut beberapa paduan warna klasik yang cocok untuk segala ruangan di rumah Anda.

1. Biru muda, biru tua, dan putih

"Di luar warna netral, tidak ada kelompok warna dengan daya tarik yang lebih luas daripada biru," jelas Nivara Xaykao, spesialis warna di Benjamin Moore.

Baca juga: Warna Kamar Ini Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak Menurut Feng Shui

Warna ini tidak hanya dapat memberikan rasa tenang ke ruang mana pun, tetapi juga dapat menciptakan tampilan yang sangat berani tanpa terlihat terlalu trendi.

Selesaikan palet Anda dengan warna putih bersih, baik dalam aksen dekorasi atau trim, dan Anda akan langsung mendapatkan rangkaian warna klasik yang menjanjikan untuk tidak pernah ketinggalan zaman.

Saat memilih warna biru, Xaykao merekomendasikan untuk mencoba skema monokromatik yang menenangkan. Pilih warna biru muda. Kemudian pilih warna biru tua untuk lemari atau rak.

"Untuk sentuhan akhir, pilih warna putih untuk menyatukan semuanya," ucap Xaykao.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com