Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memilih Kursi Bar Terbaik untuk Dapur

Kompas.com - 22/07/2021, 13:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan jantung sebuah rumah. Pasalnya, segala aktivitas di rumah dimulai di sini, dari memasak, makan, hingga mengakhiri hari.

Ditambah, dapur kini telah menjadi ruang multifungsi. Dapur tak hanya digunakan untuk memasak dan menjadi ruang makan, tetapi juga ruang berkumpul, ruang bekerja, bahkan mengubahnya menjadi mini bar. 

Baca juga: 4 Cara Sederhana Mendekorasi Dapur agar Tak Membosankan

Tak heran, dapur dengan konsep minibar saat ini banyak ditemukan di setiap rumah. Gampangnya, mendesain atau mendekorasi dapur layaknya minibar adalah menggunakan kursi bar.

Kursi bar yang tepat dapat mempercantik desain dapur serta menyatukan seluruh tampilan. Namun, memilih kursi bar yang sempurna tidaklah mudah, kerap membingungkan, serta ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Agar tak salah memilih, berikut ini tips memilih kursi bar terbaik untuk dapur dilansir dari laman Homes to Love, Kamis (22/7/2021). 

Baca juga: Cara Membuat Dapur Terasa Sejuk Saat Cuaca Panas

Pilih tinggi yang tepat

Ketinggian yang tepat untuk kursi bar tergantung pada ketinggian meja island atau meja dapur. Untuk itu, sebelum membeli, ukurlah dari lantai sampai bagian atas meja dan gunakan hasil pengukuran tersebut saat berbelanja.

Idealnya, jarak atau ketinggian antara kursi bar dan permukaan atas meja berkisar 25 sentimeter dan pastikan ada banyak jarak untuk kaki jika memiliki meja island yang tebal. 

Baca juga: Dapur dan Kamar Mandi, Mana yang Paling Banyak Kuman?

Lebar

Jika membangun dapur dari awal, mulailah dengan mempertimbangkan berapa banyak kursi yang ideal untuk keluarga dan pastikan meja island dapur menyediakan cukup ruang untuk menampungnya.

Idealnya, lebar meja island harus berkisar 50-75 sentimeter untuk setiap kursi, ditambah 12-15 sentimeter per kursi untuk ruang lengan dan akses. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Benda di Dapur yang Harus Disingkirkan

Kaki

Mengukur panjang kaki juga menjadi salah satu tips memilih kursi bar untuk dapur. Sebab, kaki kursi yang ketinggian atau terlalu pendek tentu membuat tidak nyaman serta memperburuk tampilan.

Pastikan juga mengukur lebar di dasar kursi bar jika kaki lebih lebar dari kursi karena hal sering terjadi. Kursi mungkin memiliki ruang di bagian bawahanya.

Namun, jika kaki kursi dan dasar bagian bawah tampak rumit, hal itu bisa membuat tidak nyaman. 

Baca juga: 6 Tips Membersihkan Dapur Setelah Memasak untuk Idul Adha

Material

Memilih kursi bar dengan material terbaik mungkin membuat Anda terbatas pada anggaran. Sebab, kursi bar dengan material terbaik memiliki harga cukup mahal.

Namun, keuntungannya yang diberikan jauh lebih banyak. Kursi bar dengan material terbaik memiliki ketahanan yang kokoh, desain yang elegan, dan tahan lama. Tentu Anda tidak akan menyesel meski harus merogoh kocek dalam-dalam. 

Baca juga: Cara Membersihkan Dapur Hanya dalam Waktu 5 Menit

Uji terlebih dulu

Terakhir, tips memilih kursi bar untuk dapur adalah mengujinya terlebih dulu. Kursi bar adalah salah satu barang yang harus dicoba terlebih dulu sebelum membelinya.

Karena itu, Anda harus mencoba menduduki kursi bar sebelum membeli. Dari situ, Anda dapat mengetahui kualitas, kenyaman, kekuatan, juga keamanannya. Tanpa mencoba terlebih dulu, artinya Anda harus siap dengan segala risiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com