Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 4 Jenis Pisau yang Harus Ada di Dapur dan Cara Memilihnya

Kompas.com - 17/07/2021, 15:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisau menjadi perlengkapan dapur yang selalu digunakan saat memasak berbagai hidangan sehari-hari. Namun, tak hanya satu, pisau memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (17/7/2021) ada perbedaan setiap penggunaan pisau tersebut, seperti penjelasan berikut ini. 

  • Pisau Roti Bergerigi: Pisau dengan gigi kecil ini, sangat cocok untuk memotong roti kering, kue lembut, dan bahkan tomat halus tanpa meremasnya.

Baca juga: Pisau Dapur Tumpul? Ini Cara Menajamkannya

  • Pisau Koki: Pisau koki biasanya digunakan untuk mengirisi, memotong, dan mencincang hampir semua bahan. Jika Anda hanya ingin memiliki satu pisau, pisau koki atau knife chef menjadi pilihan terbaik.
  • Pisau Utilitas: Pisau dapur ini memiliki bilah tipis dan sangat tajam yang sempurna untuk tugas-tugas rumit seperti memotong ikan, buah-buahan lembut, dan keju. Anda juga dapat menggunakannya sebagai alternatif yang lebih kecil untuk pisau koki Anda.
  • Pisau Pengupas: Pisau pengupas memiliki ukuran yang lebih kecil daripada pisau yang lain, dan sangat ideal untuk mengupas dan memotong . Ini juga bagus untuk pekerjaan yang lebih rumit karena pisau koki Anda terlalu besar.

Baca juga: 5 Penyebab Pisau Dapur Tumpul dan Rusak

Tips memilih pisau

Ketika memilih pisau, pilih pisau yang memiliki bilah yang tajam, sebab selain tidak bisa digunakan secara maksimal, pisau yang tidak tajam bisa berbahaya. Berikut beberapa tips untuk memilih pisau dengan melihat fisik pisau itu sendiri. 

  • Bilah: Kebanyakan pisau berkualitas tinggi dan lebih mahal ditempa (dipalu) atau dicap dari sepotong baja karbon tinggi dan tahan noda. Jenis paduan logam ini memungkinkan bilah untuk menahan ujung yang tajam dan diasah dengan mudah. Pisau yang berkualitas harus memiliki tang penuh (ujung mata pisau yang memanjang ke seluruh atau sebagian besar gagangnya) untuk keseimbangan dan kekuatan tambahan.
  • Pegangan: Pegangan plastik tahan panas dan tahan air biasanya tidak melengkung, pecah, retak, atau terkelupas. Beberapa orang lebih suka pisau bergagang kayu yang menarik. Untuk menghindari kerusakan pada lapisan kayu, cuci dengan tangan dan jangan direndam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com