Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Indoor yang Dapat Membantu Meningkatkan Pernapasan

Kompas.com - 19/07/2021, 13:01 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, kualitas udara di dalam ruangan menjadi sangat penting, terlebih ketika semua kegiatan harus dilakukan di dalam rumah.

Karena itu, kualitas udara di dalam rumah menjadi salah satu faktor utama yang mem[engaruhi kesehatan pernapasan

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Kompos dari Rumput Liar untuk Menyuburkan Tanaman

Seperti dilansir dari Balcony Garden Web, Senin (19/7/202), menurut American Society for Horticulture Science, tanaman juga menghasilkan asupan analgesik yang lebih sedikit, tingkat rasa sakit, kecemasan, kelelahan lebih rendah, dan perasaan lebih positif.

Berikut ini tanaman indoor untuk meningkatkan pernapasan. 

Baca juga: Abu Kayu Bisa Jadi Pupuk Organik, Ini Manfaatnya untuk Tanaman 

Spider plant 

spider plantshutterstock spider plant
Tanaman laba-laba atau spider plant dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan karena menghasilkan lebih banyak klorofil dibanding tanaman hias lainnya. Artinya, tanaman ini lebih banyak oksigen.

Spider plant juga merupakan salah satu tanaman dari Studi Udara Bersih NASA dan cukup efisien dmenghilangkan formaldehida, xilena, toluena, dan karbon monoksida.

Menurut mantan ilmuwan riset NASA, Bill Wolverton, tanaman laba-laba dapat menghilangkan lebih dari 95 persen zat beracun, yang dapat menyebabkan anemia, penyakit jantung, dan masalah pernapasan. 

Baca juga: Ternyata, Ini 7 Manfaat Mendekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Peace lily 

Peace lily adalah tanaman hias yang dapat mengurangi risiko pernapasan. Menurut penelitian di Jepang, bunga lili sama efektifnya dengan pothos emas atau golden pothos dalam menyerap VOC.

Selain itu, tanaman ini juga menyerap aseton yang dapat menyebabkan bicara cadel, tekanan darah rendah, dan lesu. 

Baca juga: 6 Nutrisi Organik untuk Tanaman

Snake plant 

Menurut penelitian ini, snake plant atau tanaman lidah mertua adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen.

Tanaman ini tidak hanya menyerap CO2, tetapi juga menghilangkan formaldehida, benzena, toluena, dan xilena dari udara yang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan hidung. 

Baca juga: Cara Membasmi Hama Tanaman Tomat dengan Sabun Cuci Piring 

Areca palm 

Areca palm dikenal karena sifatnya yang dapat memurnikan udara dan menjadi pilihan sempurna untuk mereka yang mengalami penyakit pernapasan seperti sinusitis, bronkitis, dan asma karena memiliki tingkat transpirasi tertinggi.

Tanaman sehat setinggi 1,5 sampai 1,8 meter ini mampu melepaskan hingga satu liter (946,35 mililiter) uap air di udara setiap 24 jam.  

Baca juga: 7 Tanaman Hias Berdaun Putih untuk Mempercantik Ruangan

Pothos 

Tanaman indoor untuk meningkatkan pernapasan selanjutnya adalah pothos. Tanaman hias ini dapat memurnikan udara dalam ruangan dan berdampak langsung pada sistem pernapasan.

Menurut sebuah penelitian di Malaysia dan penelitian tentang pothos, spider plant, dan snake plant, tanaman ini dapat menyerap ozon yang mengganggu fungsi paru-paru. 

Baca juga: Jenis Tanaman yang Bisa Ditanam dari Stek dan Cara Menanamnya 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com